Gara-gara Jet Tempur F-35, Norwegia Digugat Ratusan Warganya

Kamis, 31 Maret 2022 - 19:19 WIB
loading...
Gara-gara Jet Tempur F-35, Norwegia Digugat Ratusan Warganya
Norwegia digugat ratusan warganya karena suara bising jet tempur F-35. Foto/Ilustrasi
A A A
OSLO - Warga Norwegia yang tinggal di dekat pangkalan tempur Orlandet menuntut kompensasi dari negara karena suara bising yang ditimbulkan oleh jet tempur F-35 .

Untuk diketahui, jet tempur F-35 memiliki mesin yang lebih kuat daripada jet tempur F-16 yang pernah digunakan Angkatan Udara Norwegia sebelumnya dan menghasilkan suara yang lebih bising.

Sebanyak 220 pemilik tanah berada di balik gugatan, yang akan diajukan secara resmi setelah Paskah. Mereka percaya bahwa tingkat kebisingan yang luar biasa mengurangi nilai properti.

“Kami prihatin bahwa intensitas kebisingan pesawat harus lebih tercermin dalam perhitungan yang telah dibuat. Kami percaya bahwa kami sekarang telah mencapai ini,” kata pengacara Arild Paulsen kepada stasiun nasional NRK.



"Kami sebelumnya telah mengirimkan pemberitahuan prosedural, dan akan mengirimkan gugatan terhadap negara, di mana kami menuntut kompensasi sesuai dengan Undang-Undang Lingkungan," kata Paulsen seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (31/3/2022).

Menurut apa yang disebut "kelompok kebisingan" lokal, pengukuran kebisingan sebelumnya berdasarkan nilai rata-rata tidak adil dalam kaitannya dengan kebisingan yang dirasakan.

“Kerugian kebisingan yang sebenarnya lebih baik dijelaskan dengan perhitungan kebisingan yang menunjukkan jumlah insiden per hari di atas tingkat dan durasi tertentu dari insiden tersebut," Paulsen menekankan.

Menurut "kelompok kebisingan", perhitungan baru menunjukkan bahwa jumlah kebisingan di atas 60dB telah meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan 2010 sebelum kesepakatan F-35 dimasukkan, sedangkan jumlah kebisingan di atas ambang batas 67dB telah meningkat empat kali lipat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)