Slovakia kirim ratusan instruktur militer ke Afghanistan

Jum'at, 15 Maret 2013 - 17:22 WIB
Slovakia kirim ratusan instruktur militer ke Afghanistan
Slovakia kirim ratusan instruktur militer ke Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Martin Glvac, Menteri Pertahanan Slovakia mengatakan, pemerintah Slovakia memutuskan untuk mengirim 150 instruktur militer ke Afghanistan, Jumat (15/3/2013). Mereka akan dikirim melalui misi Bantuan Keamanan Internasional di Afghanistan selama dua periode tugas untuk melatih pasukan operasi khusus Afghanistan.

"Jumlah pasti instruktur yang akan dikirim ke Afghanistan masih akan ditentukan, setelah kami melakukan pembicaraan dengan sekutu koalisi kami," ungkap Glvac, seperti dilansir Xinhua.

Glvac menuturkan, penyebaran tentara Slovakia di Afghanistan akan ditanggung sepenuhnya dalam anggaran Kementerian Pertahanan dan dibantu oleh Amerika Serikat sebanyak USD 25,9 juta dolar.

"Perubahan konfigurasi yang telah disetujui saat ini mencermikan sebuah perkembangan terbaru dari kebutuhan sekutu kita. Di satu sisi, kami memperluas kegiatan kami di Kandahar, di sisi lain kami sedang memepersiapkan pembentukan unit unit khusus di Afghanistan," terang Miroslav Lajcak, Menlu Slovakia untuk Uni Eropa.

Bulan lalu, Presiden Barack Obama mengumumkan, bahwa 34 ribu tentara AS akan kembali dari Afghanistan pada pertengahan Februari 2014. Penarikan ini akan mengurangi setengah dari jumlah personel militer AS di Afghanistan.

Saat ini, sekitar 100 ribu pasukan pimpinan NATO, dengan hampir 66 ribu di antara mereka adalah tentara AS, dikerahkan untuk menghentikan upaya Taliban kembali berkuasa di Afghanistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5482 seconds (0.1#10.140)