Iran & senegal akan kembali buka hubungan diplomatik

Kamis, 07 Februari 2013 - 19:24 WIB
Iran & senegal akan kembali buka hubungan diplomatik
Iran & senegal akan kembali buka hubungan diplomatik
A A A
Sindonews.com - Iran dan Senegal akan melanjutkan hubungan diplomatik antara kedua negara yang sempat terputus. Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (7/2/2013), Iran dan Senegal akan kembali membuka Keduataan Besar di Dakar dan Teheran.

Sebelumnya, hubungan diplomatik Iran dan Senegal sempat terputus selama 2 tahun, karena Senegal menuduh Iran telah memberikan dukungan pada kaum pemberontak di daerah Casamane. Akibatnya, pada 2011 Senegal memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan Iran.

Presiden Senegal Macky Sall dan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad sepakat untuk melanjutkan hubungan, ketika keduanya bertemu di sela-sela pertemuan puncak negara Islam di Kairo, Mesir. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Senegal, seperti dikutip dari kantor berita Mesir, MENA.

Tak hanya Senegal yang sempat gerah dengan sikap Iran karena dinilai memberikan bantuan pada kaum pemberontak, Gambia juga sempat memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran, setelah ditemukan 13 kontainer senjata di Pelabuhan Lagos.

Tudingan menyuplai senjata bagi sejumlah pihak di Afrika, membuat Iran kesulitan untuk mencari mitra dagang di kawasan Afrika Barat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4214 seconds (0.1#10.140)