Kerry resmi ambil alih kendali diplomasi AS

Rabu, 06 Februari 2013 - 21:08 WIB
Kerry resmi ambil alih kendali diplomasi AS
Kerry resmi ambil alih kendali diplomasi AS
A A A
Sindonews.com - Rona bahagia menghiasi wajah John Kerry saat mendapat sambutan hangat staf Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) pada hari pertamanya bertugas secara resmi sebagai Menteri Luar Negeri menggantikan Hillary Clinton pada Senin (4/2) waktu setempat.

Pada hari pertama sebagai menlu, Kerry menyampaikan sambutannya dengan menunjukkan paspor diplomatik pertama yang didapatkannya ketika masih berusia 11 tahun. Stempel pertama pada paspor itu menunjukkan tahun 1954, ketika Kerry kecil menjalani perjalanan dari Le Havre, Prancis, menuju Berlin, mengikuti ayahnya yang merupakan diplomat AS.

Perjalanan itu memakan waktu enam hari. ”Dinas luar negeri sudah ada dalam gen saya,” ujar Kerry, dikutip AFP. Tak heran jika Kerry menyebut tugasnya ke Deplu itu sebagai reuni. Dan, dia sempat membuat seisi ruangan penyambutannya tertawa saat mengungkapkan sebuah pertanyaan.

”Apa seorang pria benar-benar bisa memimpin Deplu?” Dia kemudian melontarkan humor lain. ”Saya harus mengisi hak yang besar,” ujarnya berkelakar. Kerry adalah menlu pria pertama AS dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Dua menlu sebelum Kerry adalah wanita, yaitu Hillary dan Condoleezza Rice yang bertugas di bawah pemerintahan Presiden George W Bush. Sementara, sebelumnya, pada masa pemerintahan Bill Clinton, menlu juga diduduki seorang wanita, Madeline Albright.

Kerry pun tak lupa memberikan penghormatan kepada pendahulunya Hillary yang elah menjalankan empat tahun masa baktinya sebagai menlu di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama. ”Tugas telah dilaksanakan dengan baik. Negara ini berterima kasih. Dunia juga berterima kasih. Terima kasih Hillary Clinton, dan terima kasih timnya,” ujar Kerry.

Begitu menggantikan Hillary, mantan Senator Massachusetts itu langsung dihadapkan dengan segudang masalah diplomasi AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4180 seconds (0.1#10.140)