Malawi lelang pesawat Presiden

Rabu, 30 Januari 2013 - 16:03 WIB
Malawi lelang pesawat Presiden
Malawi lelang pesawat Presiden
A A A
Sindonews.com — Presiden Malawi Joyce Banda punya cara baru untuk menghemat anggaran belanja bagi negaranya yang miskin, yaitu melelang pesawat kepresidenan 14 kursi miliknya.

Pesawat itu diputuskan dijual sebagai langkah menghemat anggaran belanja pemerintah dan akan diberikan kepada penawar tertinggi. Pesawat itu dibeli pendahulu Banda, mendiang Bingu wa Mutharika, lima tahun lalu dengan harga sekitar USD13,3 juta.

Mutharika menghadapi kritikan keras atas pembelian pesawat itu dan akibatnya, negara pendonor mengurangi bantuan hingga USD4,4 juta setelah pembelian pesawat itu. Banda menolak menggunakan pesawat itu sejak dilantik pada April lalu.

Menurut dia, uang dari penjualan pesawat Dassault Falcon 900EX itu akan digunakan untuk memberikan layanan dasar bagi warga miskin Malawi.

“Lelang akan dibuka dan penawaran akan dibacakan di depan para pembeli yang tertarik atau perwakilan mereka dan anggota publik pada 20 Februari,” papar Pemerintah Malawi, seperti dikutip BBC.

Pemerintah Malawi menyatakan, pesawat itu dalam kondisi terbang yang sempurna dan mampu terbang dalam jarak 8.380 km nonstop.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5329 seconds (0.1#10.140)