Zelensky Sebut Ukraina Kehilangan 1.300 Tentara, Klaim 12.000 Tentara Rusia Tewas

Minggu, 13 Maret 2022 - 07:48 WIB
loading...
Zelensky Sebut Ukraina Kehilangan 1.300 Tentara, Klaim 12.000 Tentara Rusia Tewas
Asap keluar dari tank Rusia yang berhasil dihancurkan tentara Ukraina di Luhansk. Foto/Daily Sabah
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Ukraina kehilangan 1.300 tentara dan mengklaim bahwa Rusia kehilangan 12.000 tentara.

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya senang dengan kekalahan mereka karena bukan saya yang sebenarnya. Kita berbicara tentang kehidupan manusia di sini, dan para prajurit itu dibawa ke perang sebagai umpan meriam, dicuci otak dan bingung,” kata Zelensky seperti dikutip dari ABC News, Minggu (13/3/2022).

Zelensky juga mengomentari koridor kemanusiaan untuk evakuasi warga sipil, dengan mengatakan bahwa koridor paling sukses telah keluar dari Sumy di mana puluhan ribu dievakuasi.



"Ini adalah proses yang sangat sulit dan terkadang kita harus menemukan metode yang tidak lazim untuk memfasilitasi itu, karena Rusia hampir tidak pernah mematuhi gencatan senjata untuk memungkinkan evakuasi warga sipil," kata Zelensky.

Zelensky juga mengomentari diskusi dengan Rusia, mengatakan dia telah meminta pembicaraan langsung di tingkat tertinggi selama lebih dari dua tahun.

"Setidaknya kita dapat melihat beberapa kemajuan sekarang karena mereka juga mulai setuju bahwa dialog diperlukan. Tetapi tentu saja kita akan mencari keterlibatan yang lebih luas dari para pemimpin dunia lainnya, karena dalam setiap pembicaraan tentang jaminan keamanan perusahaan di masa depan untuk Ukraina, kita tidak akan pernah hanya percaya. Moskow setelah perang berdarah seperti itu terjadi," pungkas Zelensky.



Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari lalu. Itu dilakukan menyusul kebuntuan tujuh tahun atas kegagalan Ukraina untuk mengimplementasikan ketentuan perjanjian Minsk, dan Rusia akhirnya memberikan pengakuan atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk. Proposal yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis telah dirancang untuk mengatur status wilayah-wilayah tersebut di dalam negara Ukraina.

Rusia kini menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin Amerika Serikat (AS). Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan membantah klaim bahwa pihaknya berencana untuk merebut kembali kedua republik dengan paksa.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)