Heboh! Jet Tempur Siluman Su-57 Rusia Muncul dalam Perang Ukraina

Sabtu, 12 Maret 2022 - 00:01 WIB
loading...
Heboh! Jet Tempur Siluman Su-57 Rusia Muncul dalam Perang Ukraina
Jet tempur siluman Su-57 Felon Rusia. Pesawat tercanggih Moskow ini dilaporkan muncul di wilayah udara Ukraina ketika perang kedua negara sedang berkecamuk. Foto/ via TASS
A A A
KIEV - Jet tempur siluman Su-57 Rusia terlihat melesat di wilayah udara utara Ukraina ketika perang kedua negara sedang berkecamuk. Belum jelas, apakah pesawat tercanggih Moskow itu memang dikirim untuk misi tempur pertamanya atau hanya untuk menguji radarnya.

Mengutip laporan EurAsian Times, Jumat (11/3/2022), pesawat tempur itu muncul di wilayah udara Berdichev, Zhytomyr, pada hari Kamis menjelang pertemuan menteri luar negeri (Menlu) Rusia dan Ukraina di Turki.

Laporan itu juga menampilkan video kemunculan pesawat tersebut yang diambil dari unggahan akun Twitter @WW3Unbiassed pada 10 Maret.

Invasi Rusia ke Ukraina dimulai sejak 24 Februari. Pada hari Jumat, invasi memasuki hari ke-16.



Su-57 Felon generasi kelima adalah jet tempur kelas berat. Spekulasi yang bermunculan menyebut Distrik Militer Selatan Rusia memang mengerahkan jet tempur itu ke Ukraina.

Laporan lain dari Shephard Media bahkan menyebut pesawat itu melakukan pemboman, yang kemungkinan menargetkan jembatan Berdychiv di atas sungai Teterev.

Penduduk setempat mengeklaim bahwa pesawat yang muncul itu mengeluarkan suara yang tidak biasa dan terlihat sangat mirip dengan Su-57 generasi kelima dalam hal desainnya.

Kementerian Pertahanan Rusia belum secara resmi mengumumkan penggunaan pesawat tempur canggihnya itu di Ukraina. Kementerian Pertahanan Ukraina juga belum berkomentar.

Jika laporan tersebut terkonfirmasi, maka itu akan menjadi contoh pertama dari pesawat tempur siluman Rusia yang dikerahkan ke misi tempur yang sebenarnya.

Pada 2018 dan 2019, prototipe pesawat ini dikirim ke Pangkalan Udara Khmeimim di Suriah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)