AS Sangkal Miliki Laboratorium Senjata Biologis di Ukraina

Jum'at, 11 Maret 2022 - 09:26 WIB
loading...
AS Sangkal Miliki Laboratorium Senjata Biologis di Ukraina
AS menyangkal memiliki laboratorium senjata biologis di Ukraina. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengecam klaim Rusia bahwa Amerika Serikat (AS) secara diam-diam telah mengoperasikan laboratorium senjata biologis di wilayah Ukraina . Ia menyebut tudingan itu sebagai kampanye disinformasi yang dimaksudkan untuk menutupi sejarah penggunaan senjata kimia terlarang baru-baru ini oleh Rusia.

Selama beberapa hari terakhir, para pejabat Rusia menyebut AS telah mengoperasikan fasilitas laboratorium senjata kimia dan biologi di Ukraina. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengklaim memiliki apa yang dia gambarkan dokumen Ukraina yang disita yang konon menunjukkan upaya darurat untuk menghapus bukti program biologis militer.

Media Rusia dan media sayap kanan yang sering mempromosikan poin pembicaraan Rusia juga telah salah mengutip kesaksian yang diberikan kepada Komite Intelijen Senat pada hari Selasa oleh Wakil Menteri Luar Negeri Victoria Nuland mengenai "fasilitas penelitian biologis" di Ukraina.



Dalam serangkaian posting ke Twitter resminya pada hari Rabu, Psaki menunjukkan bahwa Rusia "memiliki rekam jejak" membuat tuduhan palsu terhadap Barat yang dimaksudkan untuk menyamarkan tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh mereka sendiri.

“Sekarang Rusia telah membuat klaim palsu ini, dan China tampaknya telah mendukung propaganda ini, kita semua harus waspada terhadap Rusia yang mungkin menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina, atau untuk membuat operasi bendera palsu menggunakan mereka,” tulisnya di Twitter.

Ditanya tentang komentar pada konferensi pers hariannya pada hari Kamis waktu setempat, Psaki sekali lagi mengatakan Moskow juga memiliki sejarah menciptakan kebohongan seperti tudingan bahwa Amerika Serikat memiliki program senjata kimia dan biologi atau Ukraina.



“Rusia adalah negara yang memiliki program senjata kimia dan biologi,” katanya.

“adalah untuk memperjelas ketidakakuratan informasi, informasi yang salah yang mereka coba keluarkan dan jelaskan kepada mereka. dunia bahwa mereka tidak hanya memiliki kapasitas, mereka memiliki sejarah menggunakan senjata kimia dan biologi,” ia menambahkan bahwa tujuan dari komentar sebelumnya.

“Pada saat ini, kita harus membuka mata untuk kemungkinan itu,” pungkasnya seperti dikutip dari Independent, Jumat (11/3/2022).

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)