Rusia: Biolab AS di Ukraina Kembangkan Komponen Senjata Biologis

Kamis, 10 Maret 2022 - 06:23 WIB
loading...
Rusia: Biolab AS di Ukraina Kembangkan Komponen Senjata Biologis
Rusia sebut biolab AS di Ukraina kembangkan komponen senjata biologis. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MOSKOW - Militer Rusia pada Minggu dan Senin lalu mengungkapkan Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan Pentagon telah terlibat dalam pengoperasian lebih dari 30 laboratorium biologi di seluruh Ukraina , dan laboratorium ini telah terlibat dalam penyimpanan dan penelitian sejumlah dari zat mematikan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan biolab Ukraina di dekat perbatasan Rusia terlibat dalam pengembangan komponen untuk senjata biologis .

"Dalam beberapa hari terakhir, ketakutan lama yang telah kami nyatakan berulang kali selama bertahun-tahun mengenai pengembangan bahan biologis militer oleh Amerika Serikat di wilayah Ukraina di bawah naungan layanan khusus AS yang relevan telah dikonfirmasi," kata Zakharova dalam pengarahan persnya pada Rabu.



"Hal ini telah dikonfirmasi tidak hanya berdasarkan bahan dan data yang diperoleh secara operasional di wilayah Ukraina, tidak hanya berdasarkan pernyataan lembaga terkait di Ukraina, tetapi secara langsung di Washington saat pidato Wakil Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland," sambung Zakharova seperti dilansir dari Sputnik, Kamis (10/3/2022).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia itu mengatakan pertanyaan apakah komponen senjata biologis yang diteliti di fasilitas ini telah dihancurkan atau tidak masih harus dijawab, tetapi menunjuk pada dokumen yang diterima dari karyawan biolab yang menunjukkan bahwa perintah telah diberikan pada 24 Februari untuk melikuidasi patogen berbahaya.

Zakharova menekankan bahwa sekarang tidak ada keraguan tentang sifat militer dari penelitian yang terjadi di fasilitas ini, menunjuk pada pengungkapan militer Rusia tentang pendanaan laboratorium Departemen Pertahanan AS, operasi di bawah lingkup Pentagon dan kehadiran spesialis AS yang menginstruksikan pihak Ukraina dalam melakukan penelitian terkait.



Secara terpisah, dalam sebuah wawancara dengan Radio Sputnik, Zakharova menyatakan bahwa pengungkapan militer Rusia tentang biolab yang didanai AS "benar-benar mengubah gambaran keterlibatan AS dalam nasib Ukraina."

"Ini bukan hanya instrumen pengaruh, bukan hanya instrumen pencegahan. Ini adalah instrumen ancaman langsung ke negara kita," ujar Zakharova.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0737 seconds (0.1#10.140)