Pertempuran Jalanan Pecah di Kiev, Presiden Ukraina Menolak Dievakuasi

Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:19 WIB
loading...
Pertempuran Jalanan Pecah di Kiev, Presiden Ukraina Menolak Dievakuasi
Pertempuran jalanan pecah di Ibu Kota Ukraina, Kiev. Foto/Bridport News
A A A
KIEV - Warga Ibu Kota Ukraina , Kiev, diperingatkan bahwa pertempuran jalanan sedang berlangsung melawan pasukan Rusia . Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menolak untuk dievakuasi dari Ibu Kota.

Peringatan yang dikeluarkan pada Sabtu (26/2/2022) menyarankan warga untuk tetap berada di tempat penampungan, menghindar dari dekat jendela atau balkon dan berlindung agar tidak terkena puing-puing atau peluru.

Pasukan Rusia terus merangsek ke Ibu Kota Ukraina pada Sabtu pagi ketika ledakan bergema di seluruh kota. Ratusan orang dilaporkan menjadi korban dalam pertempuran itu, termasuk tembakan yang membelah gedung apartemen Kiev dan menghancurkan jembatan dan sekolah. Ada juga tanda-tanda yang berkembang bahwa Rusia berusaha untuk menggulingkan pemerintah Ukraina, yang oleh para pejabat AS digambarkan sebagai tujuan akhir Presiden Rusia Vladimir Putin.

Masih belum jelas berapa banyak korban yang meninggal sejauh ini secara keseluruhan. Pejabat Ukraina melaporkan setidaknya 137 tewas di pihak mereka sejak hari pertama pertempuran dan mengklaim ratusan korban di pihak Rusia. Pihak berwenang Rusia sendiri tidak merilis angka korban.



Pejabat PBB melaporkan 25 kematian warga sipil, sebagian besar dari tembakan dan serangan udara, serta mengatakan bahwa 100.000 orang diyakini telah meninggalkan rumah mereka. PBB memperkirakan bahwa hingga empat juta orang dapat melarikan diri jika pertempuran meningkat.

Saat pertempuran berlanjut, militer Ukraina melaporkan menembak jatuh sebuah pesawat angkut Rusia II-76 yang membawa pasukan terjun payung di dekat Vasylkiv, sebuah kota 25 mil selatan Kiev, sebuah dokumen yang dikonfirmasi oleh seorang pejabat senior intelijen Amerika. Tidak jelas berapa banyak yang ada di dalamnya, dengan kapasitas pesawat angkut yang mampu membawa hingga 125 pasukan terjun payung.

Pesawat angkut militer Rusia kedua ditembak jatuh di dekat Bila Tserkva, 50 mil selatan Kiev, menurut dua pejabat Amerika yang mengetahui langsung kondisi di lapangan di Ukraina yang berbicara kepada Associated Press.

Militer Rusia belum mengomentari kedua pesawat tersebut.

Sementara itu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak negaranya untuk "berdiri teguh" melawan pengepungan yang dapat menentukan masa depannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)