Halal Bihalal di Bahrain Perkuat Kepedulian di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 14 Juni 2020 - 17:39 WIB
loading...
Halal Bihalal di Bahrain Perkuat Kepedulian di Tengah Pandemi Covid-19
Duta Besar (Dubes) RI Nur Syahrir Rahardjo dalam sambutan pembukaan Webinar di Bahrain. Foto/KBRI Bahrain
A A A
MANAMA - Dalam rangka optimalisasi perlindungan terhadap WNI dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Indonesia, KBRI Manama bekerja sama dengan IDN Bahrain menyelenggarakan Webinar dengan tema “Halal Bihalal Idul Fitri 1441 H bersama Dubes RI Manama dan Diaspora Masyarakat Indonesia” di Bahrain, pada 13 Juni 2020.

Dalam Webinar tersebut, KBRI Manama juga menyampaikan informasi tentang perkembangan penanganan pandemik Covid-19 yang berdampak langsung terhadap WNI di Bahrain.

“KBRI Manama telah mengeluarkan berbagai Surat Edaran himbauan/petunjuk kepada masyarakat Indonesia melalui sarana yang ada/medsos, dengan merujuk arahan pemri dan kebijakan setempat dari Kerajaan Bahrain,” ungkap Duta Besar (Dubes) RI Nur Syahrir Rahardjo dalam sambutan pembukaan Webinar.

Ketua IDN Bahrain, Indra Zulardi, pakar IT yang bekerja di salah satu intitusi pemerintah Kerajaan Bahrain mengungkapkan, ” Dalam rangka interaksi dan pemberdayaan diaspora, program IDN Bahrain dalam masa pendemik ini, akan terus melakukan kegiatan melalui Webinar dengan tema yang relevant dengan kebutuhan masyarakat.”

Berdasarkan data Contact Tracing yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Bahrain per tanggal 13 Juni 2020, selama ini terdapat 2 orang WNI yang tercatat mengalami kasus positif Covid-19.

KBRI ikut memantau perkembangan kesehatan dan memberikan bantuan yang diperlukan, selama mereka menjalani proses karantina. Alhamdulillah mereka telah keluar dari karantina dan dinyatakan sembuh.

Selain itu, untuk membantu masyarakat Indonesia yang rentan dan bermasalah akibat adanya wabah Corona, KBRI Manama terus melakukan update dalam pemberian bantuan logistik berupa paket sembako dan produk kesehatan kepada WNI terdampak Covid di Bahrain.

Disamping menghimbau kepada seluruh WNI di Bahrain, terkait dengan kewajiban WNI di luar negeri untuk melakukan lapor diri ke perwakilan RI.

Dubes RI dalam kesempatan tersebut juga menghimbau kepada WNI di Bahrain. “Agar terus meningkatkan rasa persatuan, solidaritas, kesetia-kawanan dan gotong-royong diantara kita semua,” kata dia.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada IDN Bahrain dalam penggalangan dana untuk membantu warga yang kurang beruntung akibat pandemik Covid-19. (Lihat Video: Warga Duel Lawan Buaya Selamatkan Sang Ayah di Palopo)

Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler, Miftah Ariep dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 KBRI Manama, Firdauzie Dwiandika pada kesempatan Webinar tersebut menjelaskan, masing-masing telah memaparkan tentang prosedur urusan kekonsuleran dan proses kepulangan WNI dalam masa pandemi, serta proses pemberian bantuan logistik, khususnya bagi WNI yang terdampak atau rentan akibat Covid-19. (Baca Juga: Turki dan Pakistan Bangun Kapal Perang Canggih Penyeimbang Kekuatan)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)