Teheran Kecam Laporan PBB Soal Persenjataan Asal Iran Dalam Serangan ke Saudi

Minggu, 14 Juni 2020 - 14:13 WIB
loading...
Teheran Kecam Laporan PBB Soal Persenjataan Asal Iran Dalam Serangan ke Saudi
Iran menegaskan menolak laporan yang disampaikan oleh Guterres soal persenjataan asal Iran digunakan dalam serangan terhadap kilang minyak Arab Saudi tahun lalu. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran menegaskan menolak laporan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres soal persenjataan asal Iran digunakan dalam serangan terhadap kilang minyak Arab Saudi tahun lalu. Iran kemudian mendesak Guterres untuk tidak menjadi "boneka" Amerika Serikat (AS) dan Saudi.

Guterres, di pertemuan Dewan Keamanan (DK) PBB menjelaskan bahwa rudal jelajah yang digunakan dalam beberapa serangan di fasilitas minyak dan bandara internasional di Arab Saudi pada tahun lalu berasal dari Iran. ( Baca Juga: Baca juga: Aseibssindo Minta Pemerintah Tetapkan Kebijakan Relaksasi Impor Produk Buah dan Sayur
Kementerian Luar Negeri Iran kemudian mengatakan bahwa laporan itu dipersiapkan di bawah arahan AS dan akan digunakan dalam upayanya di DK PBB untuk melawan Iran.

"Kami mendesak Sekretaris Jenderal PBB untuk tidak bergerak dalam skenario AS yang telah direncanakan sebelumnya untuk mencegah pencabutan pembatasan senjata Iran dan untuk tidak membantu negara dalam proses ilegal dengan sirkulasi laporan yang diberlakukan," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)