alexametrics

Pengungsi Afrika Timur capai 8,5 juta Jiwa

loading...
Pengungsi Afrika Timur capai 8,5 juta Jiwa
Pengungsi di Afrika (Reuters)
A+ A-
Sindonews.com - Badan Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) merilis sebuah laporan bahwa 8,5 juta penduduk dari 12 negara di Afrika Timur kini telah menjadi pengungsi akibat konflik internal dan kondisi tak aman di negara mereka.

Berdasarkan laporan yang dibuat sampai akhir September 2012, jumlah pengungsi antar negara mencapai 2,04 juta jiwa, sementara jumlah pengusi antar wilayah jumlahnya mencapai 6,47 juta jiwa.

"Mulai awal Agustus, perhitungan jumlah pengungsi telah diperluas hingga Sudan dan Sudan Selatan. Berdasarkan pemantauan selama satu bulan, jumlah orang yang tinggal di pengungsian mencapai 1,9 juta jiwa. Sementara jumlah pengusi antar wilayah telah mencapai 349 ribu jiwa,” sebut laporan OCHA.

OCHA mengatakan, tingginya jumlah pengungsi disebabkan karena penduduk merasa aman akibat konflik iinternal yang berkepanjangan di Kongo, Somalia, Sudan, dan Sudan Selatan.

"Kenaikan jumlah pengungsi per 31 Maret - 31 September, memaksa dibangunnya sejumlah pusat pengungsian baru di Djibouti, Ethiopia, Kenya, Rwanda, dan Uganda," seperti dilaporkan OCHA.
Bagi para pengungsi di Afrika Timur, khususnya pengusi Somalia, Kenya telah menjadi tempat tujuan utama.

Laporan ini diketahui setelah Parlemen Kenya mencoba melegalkan sebuah undang-undang untuk mencegah, melindungi, dan memberikan bantuan bagi pengungsi dan penduduk yang terkena dampak dari kedatangan pengungsi.

Parlemen melancarkan undang-undang tersebut sebagai bentuk perlindungan hukum bagi orang yang terkena dampai kekerasan, bencana, atau pembangunan.

UNHCR, Badan PBB yang mengurusi pengungsi terus terus memfasilitasi pemulangan para pengusi Burundi dan Angola dari Tanzania dan Kongo.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak