Negara-negara dengan Jumlah Gelandangan Terbanyak di Dunia, Nomor 5 Tak Disangka

Jum'at, 18 Februari 2022 - 06:26 WIB
loading...
Negara-negara dengan Jumlah Gelandangan Terbanyak di Dunia, Nomor 5 Tak Disangka
Tenda dan terpal dibangun gelandangan di trotoar di Los Angeles, California, AS, 28 Juni 2019. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Tunawisma atau yang biasa disebut sebagai gelandangan adalah orang yang tidak mempunyai tempat tinggal yang layak. Mereka biasanya ditemukan di jalanan, di kolong jembatan, maupun sudut-sudut sepi pertokoan.

Dilansir dari United Nation Department of Economic and Social Affairs, 1,6 miliar orang di seluruh dunia hidup dengan kondisi tempat tinggal yang tidak memadai, dan sekitar 15 juta orang diusir paksa setiap tahunnya.

Tentu tunawisma merupakan masalah umum yang dihadapi banyak negara di seluruh dunia. Namun, di beberapa negara ini, jumlah tunawisma menyentuh angka mengkhawatirkan.

1. Filipina

Seperlima masyarakat Filipina hidup di bawah garis kemiskinan. Dilansir dari Homeless World Cup, ada sekitar 4,5 juta tunawisma di Filipina dan 3 juta diantaranya berada di Ibu Kota Manila.

Lalu, 250.000 anak Filipina juga hidup di jalanan. Banyaknya jumlah tunawisma ini bisa terjadi karena pendapatan yang tidak mencukupi, kekerasan dalam rumah tangga, atau kehilangan tempat tinggal karena bencana alam.

2. India

India menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak dan terpadat di dunia. Dikutip dari Worldometer, India menempati posisi kedua dengan jumlah penduduk mencapai 1.400.307.355 jiwa.

Namun, banyaknya populasi manusia ini juga dibarengi dengan membludaknya jumlah tunawisma yang menjamur di negeri Bollywood itu.

Pada tahun 2003, diketahui ada 23 juta gelandangan di India, sementara di Mumbai 25.000 orang tidur di jalanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)