Ribuan Orang Ikuti Protes Black Lives Matter di Penjuru Australia

Minggu, 14 Juni 2020 - 04:01 WIB
loading...
Ribuan Orang Ikuti Protes Black Lives Matter di Penjuru Australia
Ribuan demonstran mengikuti protes Black Lives Matter di Australia. Foto/REUTERS
A A A
PERTH - Ribuan orang mengikuti protes Black Lives Matter di Australia sambil memakai masker dan menerapkan social distancing.

Sejumlah pemimpin negara bagian menyerukan agar acara itu dibatalkan karena khawatir gelombang kedua infeksi virus corona.

Pawai yang dijaga polisi itu berjalan damai. Demonstran berpawai di jalanan atau berkumpul di taman-taman sambil membawa poster “Tak Ada Keadilan, Tak Ada Perdamaian” dan “Maaf untuk Ketidaknyamanan, Kami Mencoba Mengubah Dunia.”

“Ada orang seperti ayah saya dan Bibi Mingelly yang mendorong perubahan sejak mereka seumur saya, Anda tahu itu 50 tahun silam,” papar Jacinta Taylor, penyelenggara protes di Perth.

“Saya tidak ingin berumur 80 tahun dan mendorong perubahan ini untuk anak dan cucu-cucu saya,” kata dia.

Protes anti-rasisme di penjuru dunia itu digelar setelah kematian warga Afro-Amerika George Floyd setelah polisi Minneapolis terekam menekan leher Floyd dengan lutut selama sembilan menit. (Lihat Video: Lompat Pagar, Pasien COVID-19 Kabur Naik Ojek dari Lokasi Karantina)

Perth mengalami unjuk rasa terbesar dibandingkan kota-kota lain di Australia pada Sabtu (13/6), meski ada permintaan dari Gubernur Western Australia (WA) Mark McGowan untuk membatalkan acara itu hingga wabah corona sirna.

Seorang demonstran Black Lives Matter telah dites positif corona pekan ini. Perdana Menteri (PM) Scott Morrison memperingatkan perkumpulan massa membuat negara itu berisiko mengalami gelombang kedua Covid-19. (Lihat Video: Warga Duel Lawan Buaya Selamatkan Sang Ayah di Palopo)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)