Kru Jet Tempur F-15 Jepang yang Hilang Ditemukan Tewas

Minggu, 13 Februari 2022 - 19:15 WIB
loading...
Kru Jet Tempur F-15 Jepang yang Hilang Ditemukan Tewas
Kru Jet Tempur F-15 Jepang yang Hilang Ditemukan Tewas. FOTO/Kyodo
A A A
TOKYO - Satu dari dua awak jet tempur Angkatan Udara Jepang yang hilang dua pekan lalu, telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Hal ini disampaikan langsung pihak AU Jepang pada Minggu (13/2/2022).

Angkatan Udara Jepang menyatakan, jenazah korban ditemukan pada hari Jumat (11/2/2022) oleh Angkatan Laut selama operasi pencarian di Laut Jepang.

Baca: Ketegangan Meningkat, AS Pindahkan Skuadron F-16 dari Jerman ke Rumania

Pihak berwenang telah mengonfirmasi identitas korban. Namun, mereka tak merilis nama korban, demikian yang diberitakan AFP, seperti dilansir Channel News Asia.

Pihak militer Jepang juga terus melakukan pencarian untuk menemukan satu korban lain, yakni sang kopilot.

Seperti diberitakan sebelumnya, jet tempur F-15 sedang dalam misi pelatihan pada 31 Januari 2022. Jet tersebut menghilang dari radar tak lama setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Komatsu di wilayah Ishikawa Tengah.

Baca: Tangkal Serangan Houthi, Jet Tempur F-22 AS Tiba di UEA

Namun, tak dijelaskan mengapa dan bagaimana pesawat tersebut bisa menghilang. Proses pencarian masih terus dilakukan. Kementerian Pertahanan Jepang belum berniat untuk "merumahkan" jet tempur F-15 setelah insiden ini.



Untuk diketahui, Angkatan Udara Jepang mengoperasikan sekitar 200 jet tempur Mitsubishi F-15J dan F-15DJ yang diproduksi di dalam negeri, di bawah lisensi pencipta aslinya, perusahaan kedirgantaraan AS McDonnell Douglas (yang bergabung dengan Boeing pada 1997).

Jet tempur jenis itu digunakan untuk menjaga wilayah udara Jepang dari penyusup. Jet ini juga dipakai dalam berbagai latihan militer dan latihan bersama dengan sekutu.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1990 seconds (11.252#12.26)