Taiwan Tembakkan 2 Rudal, China Kirim Pesawat Perang

Sabtu, 13 Juni 2020 - 07:36 WIB
loading...
A A A
“Sistem senjata dapat melibatkan sejumlah jet tempur berkinerja tinggi, rudal jelajah, rudal anti-radiasi, dan rudal balistik jarak pendek dengan berbagai keterlibatan simultan. Itu dirancang untuk dioperasikan oleh baterai secara mandiri atau di bawah kendali dari unit eselon yang lebih tinggi," kata lembaga itu di situs webnya.

Komentator militer Song Zhongping mengatakan tes intersepsi misil Tien Kung-3 pada Kamis malam kemungkinan tidak akan dilihat oleh PLA sebagai ancaman yang signifikan, karena targetnya adalah misil Tien Kung-2, yang memiliki kecepatan tertinggi hanya Mach 4.3. Sedangkan rudal balistik pada tahap terminalnya bergerak lebih dari Mach 10.

"Itu tidak membuktikan bahwa Tien Kung-3 mampu mencegat rudal balistik," katanya. "Jadi itu tidak akan banyak memengaruhi keseimbangan kekuatan militer."

Li Da-jung, seorang profesor studi strategis di Universitas Tamkang di Taipei, mengatakan bahwa dengan anggaran terbatas Taiwan dan bahwa tidak mungkin untuk mengadakan perlombaan senjata dengan daratan China, mengembangkan rudalnya sendiri sesuai dengan perang asimetris pulau itu dalam menghadapi Beijing adalah pilihan. (Baca juga: Perintah Xi Jinping: Militer China Siap Perang! )

"Militer Taiwan telah selama bertahun-tahun menekankan pengembangan perang asimetris dalam melawan daratan China, dan rudal adalah salah satu perangkat penting yang digunakan oleh perang asimetris," katanya.

Li mengatakan bahwa lembaga itu telah diberi tugas mengembangkan rudal-rudal di pulau itu secara mandiri selama beberapa dekade dan memiliki prestasi-prestasi penting yang telah menarik perhatian dari Beijing, Washington, dan negara-negara lain di kawasan sekitar.

"Uji coba rudal pada Kamis malam hanyalah bagian dari program pembangunan jangka panjangnya, yang seharusnya tidak dipandang sebagai serangan yang merisaukan sebagai tanggapan atas intrusi baru-baru ini terhadap sekelompok pesawat tempur dari daratan (China)," katanya.

Sekelompok jet tempur Sukhoi Su-30 China terbang ke Selat Taiwan dan secara singkat mendekati Taiwan, hanya beberapa jam setelah sebuah pesawat transportasi militer C-40A Amerika Serikat melewati pulau itu pada hari Selasa.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, militer mengerahkan beberapa pesawat jet tempur untuk memperingatkan jet-jet tempur Su-30 China yang melintasi garis tengah di Selat Taiwan pada Selasa pagi.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)