Jet tempur Israel tembak jatuh Drone

Minggu, 07 Oktober 2012 - 14:40 WIB
Jet tempur Israel tembak jatuh Drone
Jet tempur Israel tembak jatuh Drone
A A A
Sindonews.com – Jet tempur Israel menembak jatuh sebuah Drone (pesawat tak berawak) yang terbang di wilayah udara Israel tanpa izin, Sabtu (6/10/2012) pagi waktu setempat. Drone sempat terbang selama 20 menit di wilayah Selatan negara itu.

Seperti dikutip dari Los Angeles Times, Insiden ini adalah kejadian pertama dalam kurun 6 tahun, di mana ada sebuah pesawat yang bisa menerobos wilayah udara Israel. Drone tersebut masuk dari arah Laut Mediterania, dan langsung ditembak jatuh di tengah gurun. Militer Israel masih mencari tahu, dari mana Drone itu lepas landas.

“Sistem radar darat Israel mendeteksi adanya pesawat tak dikenal yang terbang di atas Jalur Gaza. Tapi, pesawat itu bukan berasal dari Jalur Gaza. Kami meminta angkatan udara untuk mengirim jet guna menjegat pesawat tak dikenal itu,” ungkap seorang pejabat Militer Israel,
Letnan Kolonel Avital Leibovich.

Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak, mengatakan, pemerintah Israel memandang serius masalah ini. “Peristiwa ini menunjukan ada pihak yang berusaha untuk memasuki wilayah udara Israel dan kami akan mempertimbangkan tanggapan kami nanti," ujarnya.

Sementara Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu berjanji, bahwa Israel akan berupaya sekuat tenaga menjaga kedaulatannya. “Kami akan terus mempertahankan perbatasan di laut, darat, dan udara untuk keamanan warga Israel,” tegas Netanyahu.

Meski belum mengetehui siapa yang mengirim Drone tersebut, namun kecurigaan mengarah pada kelompok Militan Islam, Hizbullah yang berbasis di Lebanon. Beberapa waktu lalu, kelompok yang didukung Iran ini diketahui telah mengirim pesawat ke wilayah udara Israel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3251 seconds (0.1#10.140)