Sukses, uji coba rudal jelajah supersonik India

Senin, 08 Oktober 2012 - 08:13 WIB
Sukses, uji coba rudal jelajah supersonik India
Sukses, uji coba rudal jelajah supersonik India
A A A
Sindonews.com – Angkatan Laut India telah berhasil menguji-tembak rudal jelajah supersonik BrahMos yang diluncurkan dari kapal perang di lepas pantai barat Goa, India. Demikian dilaporkan oleh lembaga Penelitian Pertahanan dan Pengembangan India, (DRDO), Minggu (7/10/2012).

“Rudal itu menghantam target yang ditetapkan pada jarak 290 km,” sebut pernyataan resmi DRDO. Pernyataan itu menyebut, rudal berhasil melakukan manuver tingkat tinggi dan menghantam kapal target.

Seperti dikutip dari RIA Novosti, rudal BrahMos dikembangkan bersama oleh India dan Rusia. Rudal ini memiliki jangkauan 290 km dan dapat membawa hulu ledak konvensional hingga 300 kg. Secara efektif rudal ini dapat melihat target di ketinggian paling rendah 10 m dan memiliki kecepatan tertinggi mach 2.8, yaitu sekitar tiga kali lebih cepat daripada rudal buatan AS, Tomahawk.

Angkatan Udara India berencana untuk mempersenjatai 40 pesawat tempur Shukoi 30-MKI mereka dengan rudal ini. Dua kapal perang India, INS Tarkah dan INS Trikand juga akan dipersenjatai dengan rudal mematikan ini.

Selanjutnya, India dan Rusia berencana untuk mengembangkan rudal BrahMos hipersonik 2. Rudal ini dirancang untuk terbang dengan kecepatan mach 5 hingga mach 7.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4386 seconds (0.1#10.140)