AS setuju Seoul perluas jangkauan rudal balistik

Minggu, 07 Oktober 2012 - 16:36 WIB
AS setuju Seoul perluas jangkauan rudal balistik
AS setuju Seoul perluas jangkauan rudal balistik
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Korea Selatan mengaku telah mencapai kesepakatan dengan AS yang memungkinkan Seoul untuk memperluas jangkauan rudal balistik, dari 300 km menjadi 800 km. Seperti dukutip dari CNN.com, Minggu (7/10/2012), perluasan jangkauan rudal balistik ini dilakukan untuk mencegah provokasi dari militer dari Korea Utara.

Pengumuman yang disampaikan oleh Penasehat Keamanan Nasional Korsel, Chun Yung-woo, muncul di tengah meningkatkan ketegangan antara Korsel dan Korut. Sebelumnya, pada April lalu, Korut meluncurkan roket jarak jauh yang meledak tak lama setelah diluncurkan.

"Tujuan penting dalam revisi perjanjian rudal ini adalah untuk mencegah provokasi bersenjata dari Korea Utara," kata Yung-woo. “Jika Korut menyerang atau melancarkan provokasi, kami dapat melumpuhkan rudal atau senjata nuklir yang mereka luncurkan sejak awal. Kami harus memiliki kemampuan untuk untuk melindungi kehidupan dan keselamatan rakyat Korsel,” lanjutnya.

Dengan revisi ini, jarak jangkauan rudal balistik Korsel akan mencakup semenanjung utara Korea Utara. Kali pertama Korsel menyetujui pembatasan jangkauan rudal balistik adalah pada 1972. Saat itu, Korsel membatasai jangkauan rudalnya di kisaran 180 km.

Imbalan yang didapat dari pembatasan ini adalah, Korsel mendapat akses untuk mempelajari teknologi rudal AS. Kemudian pada 2001, Korsel dan AS sepakat memperluas jangakauan menjadi 300 km. Hingga kini, Korsel memang jadi salah satu negara sekutu AS di kawasan Asia. Saat ini, tak kurang dari 28.000 tentara AS ditempatkan di Korsel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5671 seconds (0.1#10.140)