7 Demonstran tewas di Guatemala

Sabtu, 06 Oktober 2012 - 08:09 WIB
7 Demonstran tewas di Guatemala
7 Demonstran tewas di Guatemala
A A A
Sindonews.com – Sedikitnya 7 orang tewas saat terjadi bentrok antara demonstran dengan aparat keamanan di Barat Daya Guatemala, Jumat (5/10/2012). Seperti dikutip dari CNN.com, para demonstran itu menutup jalan raya Cuatro Caminos.

Demonstran yang berasal dari 48 komunitas masyarakat lokal itu memprotes tingginya biaya hidup.
Mereka juga menentang reformasi pendidikan yang akan meningkatkan masa studi guna mendapat gelar yang dibutuhkan untuk bisa mengajar, dari tiga tahun menjadi lima tahun.

Menurut Damaris Juarez, juru bicara Rumah Sakit Felipe Flores, selain 7 orang tewas, lebih dari 30 lainnya menderita cedera. Dari 30 orang itu, 15 di antaranya menderita luka parah. “Sebagian besar korban menderita luka tembak,” kata Juarez. Padahal, pemerintah Guatemala mengaku aparat keamanan yang bertugas tidak membawa senjata api.

Pimpinan demonstran, Carmen Tacan menyalahkan aparat keamanan atas kematian 7 orang demonstran ini. Ia juga menuntut dilakukan penyidikan atas persitiwa tragis ini.

Sementara itu, Presiden Guatemala, Otto Perez Molina, memang sudah memerintahkan penyelidikan atas kasus ini. Namun, sang Presiden menduga bahwa tembakan justru berasal dari para pengunjuk rasa sendiri.

"Kami memiliki informasi, bahwa ada kemungkinan warga sipil yang memulai penembakan. Dan, aparat keamanan lantas keluar dari kendaraan mereka dan membubarkan demonstran, serta menghindari bahaya,” ungkap Molina. Ia juga sudah memerintahkan pasukan polisi dan militer untuk mundur dari daerah itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3747 seconds (0.1#10.140)