6 Negara dengan Penganut Yahudi Terbanyak, Nomor 1 Sudah Pasti

Sabtu, 05 Februari 2022 - 06:01 WIB
loading...
6 Negara dengan Penganut Yahudi Terbanyak, Nomor 1 Sudah Pasti
Anggota komunitas Yahudi menjemput anak mereka dari sekolah di London utara, Inggris. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Yahudi merupakan salah satu agama Abrahamik seperti Kristen dan Islam. Mengutip dari laman Forward, pada 2019 ada sekitar 14,6 juta pemeluk Yahudi di penjuru dunia.

Beberapa negara memiliki penganut Yahudi yang labih banyak dibanding negara lain. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Israel

Populasi umat Yahudi di wilayah ini mencapai 6,58 juta jiwa. Faktor terbesar banyaknya umat Yahudi yang bermukim di sana adalah karena Israel dianggap sebagai tanah leluhur umat Yahudi.

Hal inilah yang menyebabkan Israel memiliki populasi Yahudi terbanyak di dunia. Di sana, populasi Yahudi mencapai 75% dari seluruh penduduknya.

Populasi Yahudi berkembang pesat di Israel setelah warga Palestina banyak diusir dan disingkirkan dari tanah leluhurnya.

Israel mengubah demografi wilayah jajahan dengan mendatangkan banyak pemeluk Yahudi dari berbagai negara untuk tinggal di pemukiman ilegal Yahudi.

2. Amerika Serikat

Negara ini sempat menjadi negara yang memiliki penganut Yahudi terbanyak di tahun 2010. Populasi umat Yahudi di Amerika Serikat saat ini mencapai 5,7 juta jiwa.

AS dianggap sebagai rumah yang nyaman bagi komunitas Yahudi. Salah satu faktor banyaknya populasi Yahudi di negara ini adalah imigrasi yang dilakukan populasi Yahudi Eropa ke Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)