Filipina dan MILF berunding di Malaysia

Rabu, 03 Oktober 2012 - 08:14 WIB
Filipina dan MILF berunding di Malaysia
Filipina dan MILF berunding di Malaysia
A A A
Sindonews.com - Negosiator pemerintah Filipina dan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) kembali berunding kemarin di ibu kota Malaysia, untuk mengakhiri konflik yang berlangsung beberapa puluhan tahun.

Pemberontakan di wilayah Filipina selatan telah menewaskan lebih dari 150.000 jiwa sejak 1970. ”Kami selalu berharap dan berdoa untuk perdamaian jangka panjang. Sesegera mungkin daripada terlambat,” papar kepala penasihat proses perdamaian Filipina Teresita Deles, dikutip AFP.

Pejabat Filipina mengatakan bahwa perundingan ini akan membahas kesepakatan untuk segera merampungkan perjanjian damai. Ketua negosiator MILF Mohagher Iqbal dan kepala negosiator pemerintah Filipina Marvic Leonen mengungkapkan, kedua pihak bertujuan menandatangani peta jalan keluar dari konflik pada akhir tahun ini.

Pemerintah Manila dan MILF mengatakan ada semangat yang kuat untuk kerja sama dalam perundingan itu. Namun, masih banyak masalah sebelum perdamaian dapat tercapai.

Menurut pengamat, sejumlah hal yang paling sulit diselesaikan adalah sejauh mana kekuasaan MILF di daerah otonom di Mindanao selatan. Hal itu juga terkait dengan aturan untuk pembagian kekayaan di daerah tersebut.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2659 seconds (0.1#10.140)