19 Orang Ditemukan Mati Beku di Perbatasan, Turki dan Yunani Saling Menyalahkan

Kamis, 03 Februari 2022 - 20:32 WIB
loading...
19 Orang Ditemukan Mati Beku di Perbatasan, Turki dan Yunani Saling Menyalahkan
19 migran ditemukan tewas membeku di perbatasan Turki-Yunani. Foto/CNN
A A A
ANKARA - Setidaknya 19 orang ditemukan tewas membeku di sebuah kota kecil Turki dekat perbatasan dengan Yunani . Tragedi ini terjadi seminggu setelah badai musim dingin yang langka menyelimuti kedua negara dengan salju.

Sebuah pernyataan dari kantor gubernur di kota Edirne Turki mengatakan kegiatan pencarian dan penyelamatan terus berlanjut di wilayah tempat mayat-mayat itu ditemukan.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan mereka yang meninggal adalah bagian dari kelompok 22 migran . Soylu mengatakan 19 orang tewas membeku di Ipsala, kota perbatasan yang sering digunakan oleh mereka yang ingin memasuki Uni Eropa.

Dari mana para migran berasal dan mengapa mereka terdampar dalam kondisi dingin masih belum jelas, tetapi Yunani dan Turki saling menyalahkan atas tragedi itu.



Soylu di Twitter mengklaim bahwa para korban ditolak oleh pejabat perbatasan Yunani dan dilucuti sepatu dan pakaian mereka. Dia mentweet gambar kabur yang muncul untuk menunjukkan mayat setidaknya delapan orang, sebagian berpakaian dan terbaring di lumpur.

Soylu menyebut unit patroli perbatasan Yunani preman, dan mengatakan Uni Eropa tidak berdaya, lemah, dan tidak memiliki perasaan manusiawi.

Menteri Imigrasi Yunani Notis Mitarachi membantah tuduhan Soylu. Kematian di perbatasan Turki adalah sebuah tragedi, katanya dalam sebuah pernyataan.

"Kebenaran di balik insiden ini tidak mirip dengan propaganda palsu yang didorong oleh rekan saya," ia menambahkan merujuk pada tuduhan yang dilontarkan Soylu seperti dikutip dari CNN, Kamis (3/2/2022).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)