Produser film Innocence of Muslims ditangkap

Jum'at, 28 September 2012 - 10:54 WIB
Produser film Innocence of Muslims ditangkap
Produser film Innocence of Muslims ditangkap
A A A
Sindonews.com - Nakoula Basseley Nakoula, produser film Innocence of Muslims kemarin sedang menjalani penyelidikan di tahanan di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS).

Sayangnya, Nakoula (55) tidak ditahan karena pembuatan film yang menghina nabi Muhammad. Dia ditahan untuk menjalani penyelidikan terkait pelanggaran persyaratan masa percobaan setelah dinyatakan bebas dari penjara karena melakukan penipuan bank, 2011 lalu.

Juru Bicara Kantor Kejaksaan AS di Los Angeles,Thom Mrozek mengkonfirmasi penangkapan Nakoula, "dia telah ditahan pada hari Kamis."

"Nakoula ditangkap atas tuduhan melanggar ketentuan masa percobaan yang sepenuhnya diawasi yang diajukan Kantor Percobaan'' ungkap Mrozek seperti diberitakan BBC.co.uk, Jumat (28/9/2012).

Berdasarkan catatan pengadilan dia dilarang mengakses internet atau menggunakan nama samaran untuk mengakses internet tanpa izin petugas pangadilan. Nakoula dijadwalkan untuk hadir dalam sidang setelah ditangkap dari tempat persembunyianya, Kamis sore.

Nakoula mengunggah film buatanya di Youtube pada Juli lalu dengan mengunakan nama samaran. Namun, aksi penolakan menentang publikasi film tersebut baru berkembang menjadi aksi kekerasan pada 11 September lalu setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Di AS, film buatan Nakoula yang menghina Nabi Muhammad tersebut dinyatakan tidak melanggar hukum. Dimana amandemen pertama konstitusi AS telah memberikan kebebasan bagi warganya untuk berbicara.

Sebelumnya, Presiden AS, Barack Obama telah meminta Google, perusahaan pemilik YouTube menghapus cuplikan film Innocence of Muslims. Tapi mereka menolak permintaan tersebut karena menilai film tersebut tidak melanggar peraturan mereka.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4252 seconds (0.1#10.140)