Mesir-Korsel Teken Kesepakatan Rp23,6 Triliun untuk Tank Howitzer K9

Kamis, 03 Februari 2022 - 02:32 WIB
loading...
Mesir-Korsel Teken Kesepakatan Rp23,6 Triliun untuk Tank Howitzer K9
Mesir-Korsel teken kesepakatan Rp23,6 triliun untuk tank Howitzer K9. FOTO/Getty Images
A A A
KAIRO - Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (1/2/2022) menandatangani kontrak untuk menjual Howitzer self-propelled K9 ke Mesir dalam kesepakatan senilai lebih dari USD1,65 miliar (Rp23,6 triliun). Ini menandai pertamakalinya sistem artileri itu masuk ke pasar Afrika.

Hanwha Defense, pabrikan Korsel dan kementerian pertahanan Mesir menandatangani kesepakatan ekspor K9 terbesar di Artillery House, sebuah fasilitas militer di Kairo, Mesir. Kesepakatan ini mengakhiri lebih dari 10 tahun pembicaraan terus-menerus antara kedua belah pihak.



Menurut Defense Acquisition Program Administration (DAPA), kesepakatan itu termasuk produksi K9 di Mesir dan transfer teknologi. DAPA tidak merinci rincian lainnya, termasuk kapan dan berapa banyak howitzer K9 yang akan dipasok ke Mesir.

Kesepakatan itu akan menjadikan Mesir negara asing kedelapan yang mengadopsi sistem K9. Negara lain yang juga memilih sistem tersebut adalah Turki, Polandia, India, Norwegia, Finlandia, Estonia, dan Australia.

"Ini adalah pencapaian yang dicapai melalui kombinasi kerja sama teknologi, kolaborasi dalam hal produksi lokal dan dukungan pan-pemerintah, yang melampaui hubungan transaksional antara kedua negara," kata kepala DAPA, Kang Eun-ho seperti dikutip dari kantor berita Yonhap.



K9 menyumbang hampir 50 persen dari pasar howitzer self-propelled global. Australia baru-baru ini menandatangani kesepakatan untuk K9 di bawah Project LAND 8116 Phase 1. Sistem artileri terlacak memenuhi standar NATO dan dapat digunakan di berbagai lingkungan, termasuk medan bersalju dan gurun.

Dilengkapi dengan turret berputar 360 derajat, senjata seberat 47 ton ini memiliki jarak tembak 40 kilometer dan bergerak secepat 67 kilometer per jam. Dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan otomatis, howitzer dapat menembak dalam waktu 30 detik dari posisi diam dan dalam waktu 60 detik saat bergerak, dengan laju ledakan dari enam hingga delapan peluru per menit.



Penandatanganan tersebut mengikuti pertemuan puncak bulan lalu antara Presiden Moon Jae-in dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi di Kairo, yang menurut DAPA membantu menciptakan momentum yang sangat dibutuhkan untuk penyelesaian kesepakatan.

Di sela-sela perjanjian, DAPA dan kementerian pertahanan Mesir juga menandatangani nota kesepahaman terpisah tentang kerja sama bilateral dalam penelitian dan pengembangan pertahanan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)