Pelaku pembunuh Dubes AS ditangkap

Sabtu, 15 September 2012 - 12:24 WIB
Pelaku pembunuh Dubes AS ditangkap
Pelaku pembunuh Dubes AS ditangkap
A A A
Sindonews.com - Aparat keamanan Libya kemarin telah menangkap empat orang tersangka pelaku penyerangan terhadap gedung Konsulat Amerika Serikat (AS) di Benghazi pada Selasa (11/9).

Menurut penasihat petinggi ketua parlemen Libya,Monem Elyasser, tersangka yang ditangkap tidak terkait langsung dengan serangan yang menewaskan Duta Besar (Dubes) AS untuk Libya Christopher Stevens dan tiga warga AS lainnya. Sayangnya, dia tidak merilis identitas atau keterlibatan empat tersangka tersebut.

Dalam insiden pada Selasa (11/9) itu,dua dari empat warga AS yang tewas adalah mantan anggota pasukan elite Angkatan Laut AS, SEAL, yang diidentifikasi bernama Tyrone Woods dan Glen Doherty. Satu korban tewas lainnya adalah petugas manajemen informasi, Sean Smith.

Konsulat AS di Kota Benghazi dibakar orang-orang bersenjata yang membawa granat roket. Kekerasan di Benghazi terjadi menyusul unjuk rasa di Mesir yang menentang sebuah film yang dinilai melecehkan Islam yang dibuat warga AS.

Hasil penyelidikan sementara otoritas AS dan Libya menunjukkan, pelaku serangan konsulat AS dilakukan secara terkoordinasi dan kemungkinan dilakukan kelompok gerilyawan bersenjata. Sejauh ini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.

Deputi Menteri Dalam Negeri Libya Wanis al-Sharif mengatakan, masih terlalu dini untuk menyebut apakah orang-orang yang ditangkap itu terkait kelompok atau organisasi tertentu.

Perdana Menteri baru Libya Mustafa Abu Shaqur mengatakan bahwa penyelidikan kasus ini terus mengalami kemajuan. Dia menegaskan, kalau satu orang ditangkap terlebih dahulu dan berkembang menjadi tiga orang lain yang berhasil diamankan.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3105 seconds (0.1#10.140)