Wakil pemimpin al-Qaeda tewas di Yaman

Selasa, 11 September 2012 - 13:56 WIB
Wakil pemimpin al-Qaeda tewas di Yaman
Wakil pemimpin al-Qaeda tewas di Yaman
A A A
Sindonews.com - Pemimpin nomor dua al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), Saeed Ali al-Shihri diberitakan terbunuh oleh militer Yaman di Provinsi Hadramout, Yaman.

Seperti diberitakan kantor berita SABA, Selasa (11/9/2012), pejabat militer Yaman mengatakan Saeed Ali al-Shihri tewas bersama enam griliyawan AQAP dalam sebuah operasi khusus di Provinsi Hadramout, Yaman.

Saeed Ali al-Shihri sebelumnya pernah ditahan selama enam tahun di penjara Guantanamo. 2007 lalu ia dipindahkan ke tahanan Saudi untuk menjalani program rehabilitasi yang mengajarkan tentang moderenisasi agama. Setelah program ini berakhir, ia kembali ke Yaman. Namun, 2009 lalu secara terang-terangan memproklamiskan dirinya sebagai wakil pimpinan AQAP.

Kelompok teroris al-Qaeda di Yaman merupakan jaringan yang paling aktif di seluruh dunia. Jaringan al-Qaeda di Yaman selalu dikaitkan dalam berbagai serangan yang menargetkan Amerika Serikat, termasuk ancaman bom dalam pesawat di Detroit 2009 yang berhasil digagalkan.

Sebelumnya, Senin kemarin, Mohamed al-Zawahiri saudara pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri akan menengahi kesepakatan damai antara barat dan kelompok radikal islamis. Pertemuan ini bertujan membuat kesepakatan untuk mengakhir kekerasan antara kedua belah pihak.

Seperti diberitakan CNN, dalam proposal tersebut al-Qaeda mengajukan usulan gencatan senjata selama 10 tahun dan pembebasan semua tahanan Islam, dan al-Qaeda akan berhenti melakukan penyerangan terhadap barat dan AS di negara muslim.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5224 seconds (0.1#10.140)