Soal Foto dan Video Kecelakaan Jet Tempur F-35, Angkatan Laut AS: Itu Asli

Sabtu, 29 Januari 2022 - 19:54 WIB
loading...
Soal Foto dan Video Kecelakaan Jet Tempur F-35, Angkatan Laut AS: Itu Asli
AS mengkonfirmasi foto dan video kecelakaan jet tempur F-35 di Laut China Selatan. Foto/USNI
A A A
WASHINGTON - Sejumlah foto dan video yang memperlihatkan kecelakaan jet tempur F-35C Lightning II di Laut China Selatan (LCS) bermunculan di dunia maya. Terkait hal tersebut, Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) pun angkat bicara.

Jet tempur F-35C Lightning II, pesawat tempur siluman bermesin tunggal dan jet terbaru dalam armada Angkatan Laut AS, mendarat darurat di kapal induk USS Carl Vinson selama operasi rutin pada hari Senin lalu.

Pejabat Angkatan Laut AS mengatakan pesawat tempur senilai USD100 juta itu menabrak dek penerbangan kapal induk berbobot 100.000 ton itu dan kemudian jatuh ke laut saat pilotnya terlontar. Pilot dan enam pelaut di atas USS Carl Vinson terluka.

Seorang juru bicara Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan bahwa penyelidikan atas insiden tersebut terus berlanjut sambil mengkonfirmasi gambar yang muncul di media sosial sejak kecelakaan itu adalah asli.

Baca juga: Viral Foto Jet Tempur Siluman F-35 AS Jatuh di Laut, Ini Penampakannya

"Kapal telah menilai bahwa video dan foto yang diliput oleh media hari ini diambil di atas kapal USS Carl Vinson selama kecelakaan itu," kata Laksaman Hayley Sims, pejabat urusan masyarakat untuk Armada ke-7 AS.

Sebuah foto menunjukkan pesawat tempur siluman AS itu mengambang di permukaan Laut China Selatan, kokpitnya terbuka dan kursi lontarnya hilang.

Sementara itu sebuah video menunjukkan upaya pendaratan jet tempur F-35 ke kapal induk tetapi terputus sebelum pesawat menabrak dek penerbangan.



Angkatan Laut mengatakan awal pekan ini bahwa kerusakan pada kapal induk USS Carl Vinson hanya minor, dan sayap udara kapal induk telah melanjutkan operasi normal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1467 seconds (10.177#12.26)