Astronot wanita AS pertama meninggal

Selasa, 24 Juli 2012 - 13:08 WIB
Astronot wanita AS pertama meninggal
Astronot wanita AS pertama meninggal
A A A
Sindonews.com – Mantan astronot wanita Amerika Serikat (AS) yang pertama, Sally Ride, meninggal di usia 61 tahun setelah berjuang melawan kanker pankreas selama 17 bulan. Ride meninggal hari Senin 24 Juli di La Jolla, California.

Ride adalah astronot wanita pertama yang terbang ke ruang angkasa. Dia meluncur melalui pesawat ulang-alik Challenger milik AS pada Juni 1983. Dalam Challenger Space Shuttle, Ride terbang bersama empat astronot laki-laki lain. Dia menjadi pahlawan untuk para gadis muda di seluruh AS sebagai wanita pertama di ruang angkasa. Seperti dilansir VOA, Selasa (24/7/2012).

Ride memang bukan wanita pertama yang pergi ke ruang angkasa, sebelumnya kosmonot Soviet bernama Valentina Tereshkova telah melakukan penerbangan ke ruang angkasa bulan Juni 1963. Namun, misi pertama Ride di tahun 1983, mendorong 45 wanita AS dan negara lain untuk menjejaki ruang angkasa, termasuk dua komandan pesawat ulang-alik.

Sebagai astronot,Ride pernah meraih empat gelar, salah satunya gelar doktor dalam fisika dari Universitas Stanford. Pendidikan disana merupakan syarat penerimaan calon astronot wanita pertama di National Aeronautics and Space Administration (NASA) tahun 1978.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4586 seconds (0.1#10.140)