Terkait Perbudakan di Indonesia dan Negara Lain, Raja Belanda Setop Pakai Kereta Emas

Jum'at, 14 Januari 2022 - 21:01 WIB
loading...
A A A
"Tidak ada gunanya mengutuk dan mendiskualifikasi apa yang telah terjadi melalui lensa zaman kita," papar dia.

“Melarang benda dan simbol sejarah saja tentu juga bukan solusi. Sebaliknya, diperlukan upaya bersama yang lebih mendalam dan memakan waktu lebih lama. Upaya yang menyatukan kita bukan memecah belah kita,” ungkap dia.

"Selama ada orang yang tinggal di Belanda yang merasakan sakitnya diskriminasi setiap hari, masa lalu akan tetap membayangi zaman kita," papar dia.

Kereta kencana itu telah tidak digunakan selama beberapa tahun dan telah berada di Museum Amsterdam sejak proyek restorasi yang panjang selesai tahun lalu.

Juru kampanye anti-rasisme di Belanda menyambut baik langkah tersebut, tetapi telah meminta raja untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk menghadapi warisan kolonialisme.

"Dia mengatakan masa lalu tidak boleh dilihat dari perspektif dan nilai-nilai masa kini," ujar Mitchell Esajas, salah satu pendiri The Black Archives di Amsterdam.

"Saya pikir itu keliru karena juga dalam konteks sejarah perbudakan dapat dilihat sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan dan sistem kekerasan."

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang Belanda telah mendesak negara itu untuk memperhitungkan masa lalu kolonialnya.

Selama abad ke-17, Belanda menaklukkan sebagian besar wilayah di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Indonesia, Afrika Selatan, Curacao, dan Papua Barat.

Belanda juga menjadi pemain kunci dalam perdagangan budak transatlantik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)