Jelang Laga Piala Afrika, Suara Tembakan Terdengar di Buea Kamerun

Rabu, 12 Januari 2022 - 23:20 WIB
loading...
Jelang Laga Piala Afrika, Suara Tembakan Terdengar di Buea Kamerun
Jelang laga Piala Afrika, suara tembakan terdengar di Buea Kamerun. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
YOUNDE - Suara tembakan terdengar di seluruh kota Buea, barat daya Kamerun , yang menjadi markas bagi empat tim sepak bola yang berlaga di Piala Afrika pada Rabu (12/1/2022). Demikian laporan kantor berita lokal yang dinukil Reuters.

Kota Buea adalah tuan rumah bagi empat tim yang bertanding di Piala Afrika. Mali, Gambia, Tunisia dan Mauritania dari Grup F semuanya berbasis di Buea, di mana banyak bentrokan antara tentara dan pemberontak telah terjadi.

Buea berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Limbe, sebuah kota pantai tempat dua pertandingan Grup F dimainkan pada hari ini.



Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen apakah ada pertempuran di kota itu.

Turnamen sepak bola utama Benua Afrika telah dimulai pada hari Minggu di tengah kekhawatiran keamanan, terutama di wilayah barat di mana pemberontakan separatis telah melakukan serangan mematikan terhadap warga sipil dan tentara sejak 2017.

Milisi dari minoritas berbahasa Inggris barat telah berusaha untuk membentuk negara bagian yang disebut Ambazonia sejak 2017 sebagai protes terhadap apa yang mereka katakan sebagai marginalisasi mereka oleh pemerintah berbahasa Prancis.



Konflik tersebut telah menewaskan sedikitnya 3.000 orang dan memaksa hampir satu juta orang mengungsi. Pasukan separatis dan pemerintah telah dituduh melakukan pelanggaran terhadap warga sipil.

Henry Kemende, seorang senator lokal terkemuka, ditembak mati pada hari Selasa oleh penyerang tak dikenal di Bamenda, ibu kota wilayah tetangga Barat Laut.

Cho Ayaba, yang memimpin Angkatan Pertahanan Ambazonian (ADF), salah satu kelompok separatis utama bahasa Inggris, membantah bertanggung jawab atas serangan itu.

Buea dan Bamenda mengalami aksi protes dengan kekerasan pada bulan Oktober dan November lalu. Itu terjadi setelah petugas polisi menembak dan membunuh dua gadis muda dalam insiden terpisah.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)