Gaji Askari Arab Saudi Cukup Besar dengan Syarat Masuk Mudah

Rabu, 12 Januari 2022 - 17:13 WIB
loading...
Gaji Askari Arab Saudi Cukup Besar dengan Syarat Masuk Mudah
Petugas keamanan askari berjaga saat jamaah haji menjalankan ibadah di Arab Saudi. Foto/sustg.com
A A A
RIYADH - Askari merupakan tentara yang biasa terlihat berjaga di dekat tempat-tempat ibadah seperti masjid di Arab Saudi . Persyaratan menjadi askari sendiri dinilai tidak sesulit persyaratan untuk menjadi tentara di Indonesia.

Melansir berbagai sumber, hal paling penting yang dibutuhkan seseorang agar dapat mendaftar sebagai askari adalah sehat secara jasmani dan rohani.

Jika di Indonesia seseorang harus memenuhi berbagai persyaratan mengenai tinggi dan berat badan ideal, hal ini tidak berlaku bagi calon askari yang mendaftar. Bukan cuma itu, untuk dapat menjadi askari juga tidak mensyaratkan tingkat pendidikan tertentu.



Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) diperbolehkan mengikuti pelatihan selama 6 bulan yang dilakukan untuk mendidik para calon askari yang akan bertugas kelak.



Untuk ukuran bayaran yang didapat, gaji askari memang tidak sebesar gaji yang diperoleh jika bekerja di bidang lain.

Namun, bila dibandingkan dengan gaji rata-rata yang diperoleh pekerja di Indonesia, jumlah gaji yang diperoleh askari cukup besar.

Dalam satu bulan, pendapatan seorang askari berkisar antara 4.000 hingga 7.000 riyal Saudi atau setara dengan Rp15,2 juta hingga Rp26,6 juta dengan kurs Rp3.811 per 1 riyal.

Karena jam kerjanya yang cukup singkat, hanya 6 jam setiap harinya, banyak askari yang mencari pendapatan tambahan dengan cara menjadi pengemudi taksi.

Ketika musim haji tiba, para askari biasanya mendapat kerja tambahan untuk meningkatkan keamanan sekitar.

Pihak Kerajaan Saudi Arabia sendiri dikabarkan mengerahkan hingga 7.000 personel askari untuk membantu meningkatkan keamanan saat musim haji berlangsung.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)