Paspor Paling Kuat di Dunia, Tetangga Indonesia Nomor 1

Selasa, 11 Januari 2022 - 22:36 WIB
loading...
Paspor Paling Kuat di Dunia, Tetangga Indonesia Nomor 1
Dua negara Asia menjadi pemilik paspor terkuat di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perusahaan penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal global, Henley & Partners, kembali mengeluarkan indeks paspor terkuat di dunia. Berdasarkan indeks tersebut, paspor dari dua negara Asia menjadi yang terkuat di dunia.

Perusahaan Henley & Partners telah secara teratur memantau paspor paling "ramah" dalam perjalanan di dunia sejak 2006. Indeks itu diambil berdasarkan data eksklusif yang disediakan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Dalam keterangannya, perusahaan yang berbasis di London, Inggris ini mengatakan ada kesenjangan yang lebar antara utara dan selatan dalam hal kebebasan bepergian.

Dikatakan bahwa peningkatan hambatan perjalanan yang telah diperkenalkan selama pandemi COVID-19 telah mengakibatkan kesenjangan mobilitas global terluas dalam sejarah indeks selama 16 tahun.

Laporan terbaru juga mencatat bahwa kemunculan varian Omicron akhir tahun lalu menyoroti kesenjangan yang berkembang dalam mobilitas internasional antara negara-negara kaya dan negara-negara miskin.



Ini menunjuk pada pembatasan ketat yang diberlakukan terhadap negara-negara Afrika yang digambarkan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menjadi mirip dengan "perjalanan apartheid."

Selain pandemi, tingkat kebebasan bepergian secara keseluruhan telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir. Indeks Paspor Henley menemukan pada tahun 2006 bahwa, seorang individu rata-rata dapat mengunjungi 57 negara tanpa perlu memperoleh visa terlebih dahulu. Hari ini, jumlah itu adalah 107 atau hampir dua kali lipat.

Namun, kebebasan baru ini terutama dinikmati oleh Eropa, Amerika Utara, dan negara-negara Asia yang lebih kaya. Sedangkan pemegang paspor dari negara-negara seperti Angola, Kamerun dan Laos hanya dapat masuk sekitar 50 negara.

Christian H. Kaelin, ketua Henley & Partners dan pencipta konsep indeks paspor, mengatakan membuka saluran migrasi akan sangat penting untuk pemulihan pascapandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)