164 Tewas dalam Demonstrasi Berdarah di Kazakhstan

Minggu, 09 Januari 2022 - 22:49 WIB
loading...
164 Tewas dalam Demonstrasi Berdarah di Kazakhstan
Seorang petugas polisi anti huru hara bersenjata menahan seorang pengunjuk rasa selama operasi keamanan anti-teroris di sebuah jalan setelah bentrokan di Almaty, Kazakhstan. Foto/AP
A A A
NUR SULTAN - Kementerian Kesehatan Kazakhstan mengatakan 164 orang teas dalam aksi protes berdarah yang mengguncang negara itu selama seminggu terakhir.

Jumlah korban tewas yang dilaporkan oleh stasiun televisi negara Khabar-24 itu mengalami peningkatan signifikan dari sebelumnya. Tidak diketahui apakah jumlah itu hanya merujuk pada warga sipil atau apakah kematian penegak hukum disertakan.

Menurut Kementerian Kesehatan Kazakhstan sebagian besar korban tewas - 103 - berada di Almaty, kota terbesar di negara itu, di mana para demonstran merebut gedung-gedung pemerintah dan membakar beberapa kendaraan.



Ombudswoman negara untuk hak-hak anak mengatakan bahwa tiga dari mereka yang tewas adalah anak di bawah umur, termasuk seorang gadis 4 tahun.

Sebelumnya, pihak berwenang Kazakhstan mengatakan bahwa 16 polisi atau garda nasional telah tewas. Pihak berwenang sebelumnya menyebutkan jumlah korban sipil sebagai 26 orang.

Kementerian sebelumnya melaporkan lebih dari 2.200 orang mencari perawatan untuk cedera akibat protes, dan Kementerian Dalam Negeri mengatakan sekitar 1.300 petugas keamanan terluka.

Sementara itu, kantor presiden Kazakhstan mengatakan bahwa sekitar 5.800 orang ditahan oleh polisi selama protes yang berkembang menjadi kekerasan pekan lalu dan mendorong aliansi militer pimpinan Rusia untuk mengirim pasukan ke negara itu.



Kantor Presiden Kassym-Jomart Tokayev mengatakan bahwa ketertiban telah stabil di negara itu dan bahwa pihak berwenang telah mendapatkan kembali kendali atas gedung-gedung administrasi yang diduduki oleh pengunjuk rasa, beberapa di antaranya dibakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)