Pemberontak ELN Klaim Bertanggung Jawab Atas Pengeboman Truk Polisi

Minggu, 09 Januari 2022 - 07:15 WIB
loading...
Pemberontak ELN Klaim Bertanggung Jawab Atas Pengeboman Truk Polisi
Kelompok pemberontak sayap kiri Kolombia, ELN, mengaku bertanggung jawab atas serangan bom terhadap truk polisi. Foto/Reuters
A A A
BOGOTA - Pemberontak sayap kiri Kolombia , Tentara Pembebasan Nasional (ELN), mengaku bertanggung jawab atas serangan di kota terbesar ketiga di negara itu, Cali, yang melukai lebih daribelasan petugas polisi .

Operasi ELN melakukan pengeboman, yang ditujukan terhadap anggota ESMAD, unit anti huru hara polisi nasional Kolombia yang ditakuti, pada Jumat malam, saat mereka bepergian dengan kendaraan.

"Pada pukul 21:55 pada 7 Januari, unit kami melakukan operasi melawan ESMAD di kota Cali," kata ELN dalam sebuah pernyataan di situs milik apa yang disebut front perkotaan seperti dilansir dari Reuters, Minggu (9/1/2022).



ELN menambahkan bahwa anggotanya mundur tanpa cedera.

ELN dan polisi nasional mengkonfirmasi bahwa 13 petugas terluka dalam serangan itu, dengan pejabat polisi mengatakan bahwa beberapa terluka parah. Tidak ada korban tewas yang dilaporkan dalam kejadian tersebut.

Serangan itu mendapat kecaman dari pemerintah dan polisi. Presiden Kolombia Ivan Duque mengecamnya sebagai upaya pemberontak untuk mempengaruhi pemilihan presiden akhir tahun ini.

"Kolombia tidak dan tidak akan tunduk pada terorisme dan pemerintah kami tidak akan pernah memberi penghargaan kepada teroris," kata Duque dalam sebuah pesan di Twitter.



Kolombia menawarkan hadiah 1 miliar peso untuk informasi mengenai El Rolo, pemimpin front perkotaan ELN, dan 350 juta peso untuk informasi mengenai mereka yang merencanakan dan melaksanakan serangan itu, kata Jenderal Jorge Vargas, pejabat tinggi kepolisian negara itu. Bersama-sama, kedua hadiah itu berjumlah sekitar USD334.000 atau sekitar Rp4,7 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)