Lima Besar Kekuatan Nuklir Dunia Rilis Pernyataan Bersama, Ini Isinya

Senin, 03 Januari 2022 - 21:48 WIB
loading...
Lima Besar Kekuatan Nuklir Dunia Rilis Pernyataan Bersama, Ini Isinya
Petugas memindahkan bagian atas rudal balistik antarbenua dengan hulu ledak nuklir di Pangkalan Angkatan Udara Malmstrom, Montana, AS. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Rusia, Amerika Serikat (AS), China, Prancis, dan Inggris mempertimbangkan menghindari perang antara Negara-Negara Bersenjata Nuklir dan mengurangi risiko strategis sebagai tanggung jawab utama mereka.

Mereka menegaskan bahwa senjata nuklir mereka tidak menargetkan satu sama lain. Lima negara itu merilis pernyataan bersama pada Senin (3/1/2022).

Pernyataan itu muncul dalam suasana ketegangan global yang meningkat, termasuk kekhawatiran akan konflik antara Rusia dan NATO atas Ukraina, dan AS dan China di Indo-Pasifik.



“Kami bermaksud mempertahankan dan lebih memperkuat langkah-langkah nasional kami untuk mencegah penggunaan senjata nuklir yang tidak sah atau tidak disengaja. Kami mengulangi validitas pernyataan kami sebelumnya tentang de-targeting, menegaskan kembali bahwa tidak ada senjata nuklir kami yang ditargetkan satu sama lain atau di negara lain," ungkap pernyataan yang muncul di website Kremlin dan Gedung Putih.



Kelima negara menegaskan kembali komitmen mereka terhadap kewajiban sesuai Traktat Non-Proliferasi Nuklir, termasuk proposal prinsipnya untuk mengakhiri perlombaan senjata nuklir dan perlucutan senjata nuklir global.

Kekuatan nuklir menggarisbawahi keinginan untuk, "Bekerja dengan semua negara untuk menciptakan lingkungan keamanan yang lebih kondusif untuk kemajuan perlucutan senjata dengan tujuan akhir dunia tanpa senjata nuklir dengan keamanan yang tidak berkurang untuk semua."

Mereka berjanji untuk, "Terus mencari pendekatan diplomatik bilateral dan multilateral untuk menghindari konfrontasi militer, memperkuat stabilitas dan prediktabilitas, meningkatkan saling pengertian dan kepercayaan, dan mencegah perlombaan senjata yang tidak akan menguntungkan siapa pun dan membahayakan semua orang."

Perbedaan Doktrin Nuklir
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)