Iran Incar Situs Nuklir Dimona Israel sebagai Target Rudalnya

Senin, 27 Desember 2021 - 06:40 WIB
loading...
Iran Incar Situs Nuklir Dimona Israel sebagai Target Rudalnya
Iran simulasikan serangan rudal dan drone terhadap target tiruan reaktor nuklir Dimona di Israel dalam latihan perang Great Prophet 17. Foto/Screenshot MEMRI
A A A
TEHERAN - Iran mengincar reaktor nuklir Dimona di Israel sebagai target serangan rudal jika perang benar-benar pecah. Militer Teheran telah mensimulasikan serangan semacam selama latihan perang Great Prophet 17 pekan lalu.

Kantor berita Fars, yang berafiliasi dengan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), menerbitkan sebuah video pada hari Minggu (26/12/2021) yang menunjukkan tiruan dari situs nuklir Dimona sebagai target operasi simulasi.



Reaktor Dimona, yang secara resmi dikenal sebagai Shimon Peres Negev Nuclear Research Center, ditandai sebagai "pusat produksi WMD [senjata pemusnah massal]" dalam video beresolusi tinggi tersebut.

Sebanyak 16 rudal balistik dan lima drone bunuh diri diluncurkan terhadap target tiruan dalam operasi simulasi oleh militer Iran.

Ketegangan terus memanas antara Iran dan Israel dalam beberapa pekan terakhir ketika perundingan nuklir antara Teheran dan negara-negara kekuatan dunia terhenti di Wina.

Israel telah bersumpah bahwa jika program nuklir Iran mencapai tahap yang mendekati produksi senjata atom, ia akan bertindak terlepas dari kesepakatan yang dicapai Amerika Serikat dan negara kekuatan dunia lainnya dengan Teheran.

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Jerusalem Post pada hari Minggu mengatakan ancaman Iran seperti itu lebih penting daripada sebelumnya. "Eskalasi berbahaya dalam retorika. Itu juga terkait dengan Iran yang mengungkapkan aspek program drone dan teknologi barunya," tulis media Israel tersebut.

Kembali pada Januari 2012, media Israel melaporkan bahwa Komisi Energi Atom negara Yahudi itu telah memutuskan untuk menutup sementara reaktor nuklir Dimona, dengan alasan utama kerentanan terhadap serangan dari Iran.

Target utama rudal balistik jarak jauh Iran adalah Israel dan kemungkinan pangkalan militer Amerika Serikat di Timur Tengah serta instalasi minyak vital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)