Varian Omicron Merebak, Ribuan Penerbangan di Seluruh Dunia Dibatalkan

Minggu, 26 Desember 2021 - 16:16 WIB
loading...
Varian Omicron Merebak, Ribuan Penerbangan di Seluruh Dunia Dibatalkan
Ribuan penerbangan di seluruh dunia dibatalkan di tengah merebaknya varian omicron. Foto/ilustrasi/sindonews
A A A
WASHINGTON - Lebih dari 1.300 penerbangan di seluruh dunia dibatalkan para hari Minggu (26/12/2021). Akibatnya banyak pelancong yang menderita karena gagal terbang untuk menghabiskan libur Natal dan akhir tahun.

Menurut situs pelacak penerbangan FlightAware sebanyak 5.700 penerbangan telah dibatalkan pada Malam Natal, Hari Natal dan lusa seperti dilansir dari BBC.

Maskapai penerbangan dari China dan Amerika Serikat (AS) tampaknya menjadi yang paling terpukul. Gangguan diperkirakan akan berlanjut hingga hari Senin esok.



Perusahaan beralasan kekurangan staf akibat varian Omicron yang menyebar dengan cepat. Mereka mengatakan pembatalan penerbangan dikarenakan hasil tes COVID-19 awak maskapai positif, atau dipaksa untuk mengisolasikan diri.

Meskipun temuan awal bahwa Omicron lebih ringan daripada varian lainnya, para ilmuwan khawatir dengan banyaknya infeksi yang tercatat.

Menurut FlightAware lebih dari 450 penerbangan ke atau dari bandara AS telah dibatalkan pada hari Minggu. Maskapai penerbangan AS yang paling terpukul adalah Delta, United dan JetBlue.

"Lonjakan kasus Omicrona telah berdampak langsung pada awak penerbangan dan orang-orang yang menjalankan operasi kami," United Airlines memberikan peringatakan sebelumnya.

Pihak maskapai juga menambahkan bahwa mereka menghubungi penumpang yang terkena dampak sebelum mereka datang ke bandara.

Omicron sekarang adalah strain dominan di AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)