Angkatan Udara AS Uji Tembak Rudal Jelajah dari Pesawat Kargo

Sabtu, 18 Desember 2021 - 20:46 WIB
loading...
Angkatan Udara AS Uji Tembak Rudal Jelajah dari Pesawat Kargo
Simulasi rudal jelajah yang dilepaskan dari pesawat kargo militer AS. FOTO/The Drive
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) berhasil menghancurkan target di Teluk Meksiko dengan rudal jelajah yang diluncurkan dari bagian belakang pesawat kargo. Ini menandai uji tembak langsung pertama dari program Rapid Dragon.

Laboratorium Penelitian Angkatan Udara AS mengatakan, program tersebut dapat menyebabkan AS dan sekutunya dapat mengubah pesawat kargo menjadi truk bom bersenjata berat. Program ini juga bisa memberi komandan pertempuran lebih banyak daya tembak untuk menyerang target musuh dari jarak yang aman.



Bulan lalu, Angkatan Udara AS melakukan tes serupa dengan kendaraan uji pemisahan rudal jelajah jarak jauh yang tidak bersenjata, yang tidak memiliki hulu ledak atau mesin. “Kali ini, rudal jelajah yang dibawa oleh pesawat Komando Operasi Khusus Angkatan Udara MC-130J Commando II dipersenjatai,” kata pernyataan Air Force Research Laboratory (AFRL) dalam rilisnya, seperti dikutip dari Defense News, Jumat (17/12/2021).

Menurut AFRL, sistem manajemen pertempuran pada MC-130 menerima data penargetan baru dalam penerbangan, dan kemudian data tersebut diarahkan ke kendaraan uji penerbangan rudal jelajah. Ini adalah pertama kalinya data penargetan baru diterima dan diunggah ke rudal jelajah langsung selama penerbangan.

Ketika MC-130 telah mencapai zona jatuh di atas Teluk Meksiko, krunya menjatuhkan sistem amunisi palet berisi satu rudal jelajah, dan tiga bobot yang mensimulasikan massa dan bentuk rudal jelajah.

“Sebuah parasut dikerahkan untuk menstabilkan sistem Rapid Dragon yang jatuh, dan rudal serta tiga pemberat dummy mulai dilepaskan secara berurutan untuk menghindari tabrakan. Cara rudal jelajah dipisahkan dari kotak penyebaran kali ini adalah “tidak konvensional. Rudal itu dikerahkan secara vertikal, dengan hidung ke bawah,” lanjut penjelasan AFRL.



AFRL juga menjelaskan, rudal jelajah itu segera mengepakkan sayap dan ekornya, mendapatkan kontrol aerodinamisnya sendiri, menyalakan mesinnya dan berhenti di bawah tenaga mesin. Itu kemudian menuju ke targetnya, yang hancur saat terkena dampak.

Sekarang AFRL membuktikan dapat menyebarkan rudal jelajah dengan cara ini, ia berharap untuk menunjukkan sistem senjata palet dapat bekerja dengan pesawat lain. Eksperimen Rapid Dragon berikutnya dijadwalkan untuk musim semi 2022 dalam uji tembak langsung dengan rudal jelajah dari C-17 Globemaster.

AFRL mengatakan metode penargetan ulang yang dikembangkan untuk Rapid Dragon dimaksudkan agar dapat disesuaikan dengan platform serangan dan mobilitas lainnya. Penerbang akan dapat meluncurkan Rapid Dragon ke dalam atau ke luar pesawat mobilitas tanpa memodifikasi pesawat, kata AFRL bulan lalu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)