UNESCO Masukkan Sulaman Tradisional Palestina ke Daftar Warisan Budaya

Kamis, 16 Desember 2021 - 23:30 WIB
loading...
UNESCO Masukkan Sulaman Tradisional Palestina ke Daftar Warisan Budaya
UNESCO Masukkan Sulaman Tradisional Palestina ke Daftar Warisan Budaya. FOTO/Anadolu Agency
A A A
RAMALLAH - Badan kebudayaan PBB ( UNESCO ) telah menambahkan seni sulaman tradisional Palestina ke dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda. Daftar itu dibuat selama sesi ke-16 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda, Rabu (15/12/2021). Pertemuan tahunan ini dihadiri ratusan peserta, termasuk perwakilan negara, LSM dan lembaga budaya.

Perdana Menteri Otoritas Palestina (PA), Mohammad Shtayyeh berterima kasih kepada UNESCO atas keputusannya. “Langkah ini penting dan tepat waktu, untuk melindungi identitas, warisan, dan narasi Palestina kami, dalam menghadapi upaya pendudukan untuk mencuri apa yang bukan miliknya,” kata Shtayyeh, seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (16/12/2021).



Sulaman Palestina – atau “tatreez” – adalah tradisi artistik yang diturunkan dari generasi ke generasi yang melibatkan pola dan motif jahitan tangan dengan benang berwarna cerah pada pakaian. Thobe, pakaian tradisional longgar yang dikenakan oleh wanita Palestina, adalah item pakaian yang paling sering dibordir.

Meskipun praktik tersebut berasal dari daerah pedesaan, budaya menjahit dan memakai barang bersulam sekarang umum di kota dan desa, dengan pola berbeda yang mewakili berbagai wilayah di Palestina yang bersejarah dan dapat bertindak sebagai indikator status ekonomi dan perkawinan wanita yang mengenakan pakaian tersebut.

Atef Abu Saif, Menteri Kebudayaan PA, mengatakan, bahwa kementerian bekerja selama lebih dari dua tahun untuk memasukkan bordir Palestina ke dalam daftar warisan budaya dunia.



“Warisan adalah reservoir hidup dari ingatan orang-orang kita di bumi ini. Pelestarian identitas budaya nasional warisan kita sangat diperlukan untuk menghadapi pendudukan yang memanfaatkan semua kemampuannya untuk membasmi dan mencurinya,” katanya.

“Apa yang kakek dan nenek moyang kita ciptakan dan tinggalkan untuk kita dalam warisan yang terdiri dari keindahan, kemegahan dan akar yang tertanam dalam, adalah bukti terbaik bahwa kita adalah orang di negeri ini,” tambah Abu Saif.

Daftar hari Rabu menggambarkan bordir Palestina sebagai “praktik sosial dan antargenerasi”. Para wanita Palestina berkumpul di rumah masing-masing untuk berlatih menyulam dan menjahit, seringkali dengan putri mereka. Banyak wanita menyulam sebagai hobi, dan beberapa memproduksi dan menjual sulam untuk menambah penghasilan keluarga mereka, baik sendiri atau bekerja sama dengan wanita lain.



Praktik ini ditularkan dari ibu ke anak perempuannya dan melalui kursus pelatihan formal, tambah daftar itu. UNESCO mendefinisikan warisan budaya takbenda sebagai “praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan dan keterampilan – serta instrumen, objek, artefak, dan ruang budaya, yang terkait dengannya – yang diakui oleh komunitas, kelompok, dan dalam beberapa kasus, individu sebagai bagian dari budaya mereka. warisan budaya".

Daftar Representatif pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Dalam konvensinya tahun 2003, UNESCO mendefinisikan tujuan daftar tersebut sebagai “untuk memastikan visibilitas yang lebih besar” dan untuk “meningkatkan kesadaran” akan pentingnya elemen yang dinominasikan sebagai perwakilan dari warisan budaya takbenda. Beberapa elemen terkenal dalam daftar termasuk Boneka Bayangan Cina, Makanan Gastronomi Prancis, dan Kimchi Korea Selatan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)