CDC Ungkap Banyak Warga AS Minum Pemutih Pakaian untuk Cegah Covid-19

Selasa, 09 Juni 2020 - 01:12 WIB
loading...
CDC Ungkap Banyak Warga AS Minum Pemutih Pakaian untuk Cegah Covid-19
CDC dalam surveinya mengungkap banyak warga AS telah minum pemutih dan menggunakan produk pembersih kimia untuk mencuci makanan mereka dalam upaya sesat untuk mencegah infeksi Covid-19. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Banyak orang di Amerika Serikat (AS) telah minum pemutih dan menggunakan produk pembersih kimia untuk mencuci makanan mereka dalam upaya sesat untuk mencegah infeksi Covid-19. Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Pada bulan April, Presiden AS, Donald Trump menimbulkan kontroversi dengan pernyataan bahwa orang Amerika harus menyuntik diri dengan disinfektan untuk melindungi diri dari virus Corona, komentar yang menurut Trump salah diartikan oleh warga AS.

Menurut survei CDC, tampaknya orang Amerika lainnya memiliki ide serupa, dengan survei organisasi menunjukkan 60 persen telah mulai membersihkan rumah mereka lebih sering dan menggunakan pemutih yang berbahaya, dan produk desinfektan beracun lainnya.

CDC mensurvei 502 orang dewasa di AS untuk berbagai kegiatan yang melibatkan disinfektan menyusul peningkatan tajam dalam panggilan ke pusat penanganan racun terkait dengan paparan terhadap pembersih dan disinfektan sejak awal pandemi Covid-19.

"39 persen responden sengaja terlibat dalam setidaknya satu praktik berisiko tinggi yang tidak direkomendasikan oleh CDC untuk pencegahan penularan Covid-19," bunyi laporan CDC, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (9/6/2020).

Praktik berisiko tinggi yang terdaftar oleh CDC termasuk, menggunakan pemutih pada bahan makanan, menggunakan produk pembersih dan disinfektan rumah tangga di tangan atau kulit, menyemprotkan pembersih atau disinfektan ke tubuh, menghirup uap dari pembersih rumah tangga atau disinfektan, berkumur atau minum larutan pemutih encer, sabun atau cairan pembersih lainya.

Seperempat responden dalam survei mengatakan bahwa mereka telah menderita setidaknya satu efek kesehatan yang buruk yang mereka yakini karena penggunaan pembersih dan desinfektan, termasuk hidung, kulit, iritasi mata, pusing, mual, dan masalah pernapasan.

"Praktek-praktek ini menimbulkan risiko kerusakan jaringan yang parah dan cedera korosif dan harus benar-benar dihindari," kata CDC.

“Meskipun efek kesehatan yang merugikan yang dilaporkan oleh responden tidak dapat dikaitkan dengan keterlibatan mereka dalam praktik berisiko tinggi, hubungan antara praktik berisiko tinggi ini dan efek kesehatan yang dilaporkan merugikan menunjukkan perlunya pesan publik mengenai praktik pembersihan dan disinfeksi yang aman dan efektif yang ditujukan untuk mencegah transmisi SARS-CoV-2 di rumah tangga," tukasnya, menggunakan nama resmi Covid-19.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)