Pfizer: Vaksin Booster Beri Pertahanan Efektif dari Varian Omicron

Kamis, 09 Desember 2021 - 01:00 WIB
loading...
Pfizer: Vaksin Booster Beri Pertahanan Efektif dari Varian Omicron
Ilustrasi. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pfizer dan BioNTech menyatakan, suntikan penguat vaksin ( booster ) virus corona mereka menjanjikan pertahanan yang efektif terhadap varian baru Omicron. Tiga dosis memberikan tingkat antibodi yang sama terhadap Omicron, dengan dua dosis terhadap varian lain, kata perusahaan setelah sebuah penelitian kecil.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (8/12/2021), kepala eksekutif Pfizer Albert Bourla mengatakan, perlindungan terhadap varian tersebut akan ditingkatkan dengan suntikan dosis ketiga.



"Memastikan sebanyak mungkin orang divaksinasi lengkap dengan dua seri dosis pertama dan booster tetap merupakan tindakan terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19," katanya, seperti dikutip dari BBC.

Namun, Pfizer dan BioNTech mencatat bahwa hasilnya masih awal dan mengatakan mereka akan terus mengumpulkan data dan "mengevaluasi efektivitas dunia nyata". Mereka menambahkan bahwa mereka sedang mengembangkan vaksin khusus Omicron yang akan siap dikirim dalam 100 hari, menunggu persetujuan peraturan.

Baik penelitian Pfizer/BioNTech dan penelitian baru di Afrika Selatan - belum ditinjau oleh rekan sejawat - menemukan bahwa vaksin tersebut mungkin menghasilkan antibodi penetralisir yang jauh lebih sedikit terhadap Omicron daripada terhadap galur Covid asli.



Pfizer/BioNTech, bagaimanapun, mengatakan dosis ketiga meningkatkan antibodi tersebut dengan faktor 25, membuatnya sebanding dengan dua dosis terhadap varian lainnya. Belum ada data signifikan tentang bagaimana Moderna, Johnson & Johnson dan jab lainnya bertahan terhadap varian baru.

Direktur kedaruratan WHO Mike Ryan sebelumnya mengatakan tidak ada tanda Omicron akan lebih baik dalam menghindari vaksin daripada varian lainnya.

"Kami memiliki vaksin yang sangat efektif, yang telah terbukti efektif melawan semua varian sejauh ini, dalam hal penyakit parah dan rawat inap, dan tidak ada alasan untuk berharap bahwa itu tidak akan terjadi" untuk Omicron, kata Dr Ryan kepada kantor berita AFP.



Omicron pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan, di mana kini terjadi lonjakan jumlah orang yang terjangkit Covid berkali-kali. Dr Ryan dari WHO mengatakan, data awal menunjukkan Omicron tidak membuat orang lebih sakit daripada Delta dan jenis lainnya, tetapi menunjukkan bahwa itu tidak terlalu parah.

Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS, mengatakan bukti awal menunjukkan Omicron bisa lebih menular tetapi tidak terlalu parah. Ada lebih dari 267 juta kasus virus corona dan lebih dari lima juta kematian di seluruh dunia sejak pandemi dimulai, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)