Kapal Mata-mata China Nongol di Lepas Pantai, Australia Nyalakan Tanda Bahaya

Jum'at, 26 November 2021 - 14:48 WIB
loading...
Kapal Mata-mata China Nongol di Lepas Pantai, Australia Nyalakan Tanda Bahaya
Kapal mata-mata China nongol di lepas pantai Australia. Foto/news.com.au
A A A
CANBERRA - Australia telah mengkonfirmasi laporan tentang kemunculan kapal mata-mata China di lepas pantai negara itu. Para pejabat Canberra pun mengecam tindakan mengkhawatirkan itu meskipun mencatat bahwa Beijing memiliki hak untuk berlayar di perairan internasional.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengakui bahwa sebuah kapal pengintai China menghabiskan beberapa waktu di dekat pantai negaranya awal tahun ini. Ia mengatakan bahwa kapal itu menggarisbawahi “situasi yang sangat serius” di kawasan Indo-Pasifik, bahkan sambil menambahkan bahwa Beijing dalam prosesnya tidak melanggar hukum maritim.

“Saya pikir kehadiran Angkatan Laut China – yang kami sadari, dan mereka terus mengawasi kami dan kami terus mengawasi mereka – pentingnya itu adalah untuk menyoroti kepada warga Australia bahwa ada situasi yang sangat serius di Indo-Pasifik,” kata Morrison kepada wartawan.



"Mereka memiliki hak untuk berada di tempat mereka berada. Kami tahu mereka ada di sana. Mereka dapat berada di sana di bawah hukum maritim internasional. Tapi jangan berpikir sejenak bahwa kami tidak mengawasi mereka saat mereka berusaha untuk awasi kami," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (26/11/2021).

Morrison juga mengatakan bahwa dia mengharapkan Beijing untuk memberi negaranya kelonggaran yang sama ketika berlayar dengan kapalnya sendiri di wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan, di mana sejumlah klaim internasional saling tumpang tindih telah menimbulkan ketegangan antara China dan sejumlah negara regional lainnya dalam waktu yang lama.

The Daily Telegraph adalah yang pertama melaporkan keberadaan kapal mata-mata China, yang diklaim telah mengitari lepas pantai Australia selama tiga minggu antara Agustus dan September.



Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton mengkonfirmasi jangka waktu itu, mengatakan kepada media bahwa kapal itu tetap berada di luar perairan Australia dan tidak melanggar hukum. Bagaimanapun ia menambahkan bahwa pengerahan itu “mengkhawatirkan,” dan mengatakan itu bertentangan dengan retorika Beijing tentang mempromosikan perdamaian dan keamanan di Asia-Pasifik.

Komentar tingkat tinggi tentang kapal mata-mata itu muncul di tengah meningkatnya permusuhan antara China dan Australia, dengan Canberra sekarang dilaporkan mempertimbangkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing - meskipun para pejabat dikatakan menunggu keputusan Washington sebelum membuat keputusan sendiri.

Diskusi tentang potensi boikot dipicu oleh kritik atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh China terhadap minoritas Muslim Uighur. Selain kontroversi Olimpiade, ketegangan lain antara Australia dan China telah didorong oleh sengketa perdagangan yang telah berlangsung lama, yang membuat China melarang impor batu bara Australia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)