Negara-Negara yang Terapkan Wajib Militer, Nomor 2 Bisa Tanpa Batas Waktu

Jum'at, 19 November 2021 - 16:19 WIB
loading...
Negara-Negara yang Terapkan Wajib Militer, Nomor 2 Bisa Tanpa Batas Waktu
Peserta wajib militer di Korea Selatan. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Wajib militer atau biasa disebut wamil merupakan kewajiban bagi setiap warga negara untuk mengikuti pendidikan militer guna melatih kedisiplinan, ketangguhan serta kemandirian warga negara.

Wamil pertama kali diberlakukan pemerintah Prancis pada masa Revolusi Prancis. Berikut negara-negara yang menerapkan wajib militer.

1. Korea Selatan

Korea Selatan terkenal dengan wajib militernya. Semua laki-laki berbadan sehat harus menjalani wajib militer selama 21 bulan di Angkatan Darat, 23 bulan di Angkatan Laut serta 24 bulan di Angkatan Udara.

Mereka yang menjalani wamil dapat memilih bertugas di kepolisian, penjaga pantai, pemadam kebakaran, dan dalam beberapa kasus khusus departemen pemerintah.

2. Eritrea

Pria dan wanita di Eritrea yang belum menikah diwajibkan mengaikuti wajib militer selama 18 bulan. Namun, menurut kelompok hak asasi manusia (HAM) wamil dapat diperpanjang selama bertahun-tahun dan dalam beberapa kasus tanpa batas waktu.

Kelompok HAM menilai wajib militer menjadi alasan orang Eritrea untuk mengungsi atau mencari suaka di Inggris.

3. Swiss

Pria Swiss yang berusia 18-34 tahun wajib menjalani wamil. Wajib militer di Swiss dilakukan selama 21 minggu ditambah dengan pelatihan tahunan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)