Media Turki: Erdogan Ingin Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:42 WIB
loading...
Media Turki: Erdogan Ingin Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid
Bangunan kuno Hagia Sophia yang terkenal di Istanbul. Bangunan ini awalnya gereja, kemudian diubah jadi masjid dan diubah lagi jadi museum. Foto/REUTERS
A A A
ISTANBUL - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana mengubah Hagia Sophia yang terkenal di Istanbul menjadi masjid. Saat ini, status bangunan kuno itu adalah museum.

Surat kabar setempat, Hurriyet, melaporkan presiden telah meminta pembantunya untuk melakukan studi komprehensif tentang bagaimana mengubah landmark kuno itu menjadi masjid.

Selama pertemuan partai puncak awal pekan ini, Erdogan mencatat bahwa Hagia Sophia dibuka kembali sebagai museum pada tahun 1935 setelah keputusan kabinet, dan mengatakan bahwa itu harus diserahkan kepada bangsa Turki sendiri untuk membalikkan keputusan tersebut.

Menurut laporan Hurriyet, yang dikutip Sabtu (6/6/2020), Erdogan ingin mempertahankan Hagia Sophia sebagai objek wisata seperti Masjid Biru yang lokasinya berdekatan, tetapi juga membukanya untuk salat bagi umat Islam.

Seorang pejabat senior Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), partainya Erdogan, membantah laporan media tersebut. Menurutnya, Erdogan belum memerintahkan studi komprehensif tentang mengubah fungsi Hagia Sophia.

"Kami sedang membahas kasus pengadilan serupa di hadapan Dewan Negara yang telah membuka jalan bagi doa-doa Islam di Gereja Chora," kata pejabat AKP yang menolak disebutkan namanya itu. "Hanya ada ekspresi keinginan."

Tahun lalu, Dewan Negara memutuskan bahwa bangunan Gereja Chora di Istanbul direstui untuk difungsikan sebagai masjid sesuai status hukum khusus selama Kekaisaran Ottoman, dan bahwa itu adalah tanggung jawab negara untuk mempertahankan bentuk yang dimaksudkan sebagai masjid. (Baca: Bela Palestina tapi Mesra dengan Israel, Erdogan Dicap Munafik )

Hagia Sophia juga merupakan properti dasar di bawah Mehmet II, penakluk Istanbul. Erdogan telah mengambil beberapa langkah untuk mengubah Hagia Sophia menjadi masjid sejak tahun lalu, ketika ia menyatakan niatnya untuk mengubah bentuknya saat ini dalam sebuah pertemuan terkait pemilu.

Pekan lalu, pemerintah Turki merayakan peringatan 567 penaklukan Ottoman di Istanbul dengan berdoa di Hagia Sophia.

"Pembacaan surah Al Fath Alquran di Hagia Sophia telah sangat populer di kalangan pemilih di seluruh partai-partai politik," kata Abdulkadir Selvi, seorang kolumnis ternama Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)