AS dan Prancis Bahas Pengerahan 100.000 Tentara Rusia di Dekat Ukraina

Senin, 15 November 2021 - 14:36 WIB
loading...
AS dan Prancis Bahas Pengerahan 100.000 Tentara Rusia di Dekat Ukraina
Para tentara Rusia menjalani latihan di bandar udara militer di pelabuhan Laut Azov di Taganrog. Ukraina keluhkan kehadiran 100.000 tentara Rusia di perbatasan kedua negara. Foto/REUTERS/Stringer
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Prancis membahas aktivitas militer Rusia di dekat Ukraina . Diskusi itu berlangsung setelah Kiev mengeluhkan kehadiran sekitar 100.000 tentara Moskow di dekat perbatasannya.

Seorang pejabat Washington mengatakan pembahasan itu melibatkan Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian.



"Kedua diplomat tinggi itu membahas laporan tentang aktivitas militer Rusia di dan dekat Ukraina dan komitmen kuat mereka yang berkelanjutan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Ned Price dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Senin (15/11/2021).

"Blinken dan Le Drian berbicara pada hari Sabtu, dan juga membahas upaya bersama untuk mengatasi program nuklir Iran,” lanjut Price.

Sekutu Barat telah menyuarakan alarm yang meningkat atas pergerakan pasukan Rusia baru-baru ini di dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina.

Tentara Ukraina telah terkunci dalam konflik yang membara dengan separatis yang didukung Kremlin di wilayah Donetsk dan Lugansk yang pecah setelah Rusia mencaplok semenanjung Crimea pada tahun 2014.

Kiev mengatakan dua tentara Ukraina tewas pada hari Jumat oleh alat peledak di bagian timur negara itu, sementara video media sosial baru-baru ini menunjukkan Rusia memindahkan pasukan, tank, dan rudal ke perbatasan Ukraina.

Setelah peningkatan kekerasan pada awal tahun, Rusia mengumpulkan sekitar 100.000 tentara di perbatasan Ukraina pada musim semi, meningkatkan kekhawatiran eskalasi besar dalam konflik.

Rusia kemudian mengumumkan penarikan tentaranya, tetapi baik Ukraina dan sekutunya; Amerika Serikat, mengatakan pada saat itu bahwa penarikan pasukan tersebut terbatas.

Konflik di Ukraina timur telah merenggut lebih dari 13.000 nyawa.

Ukraina dan sekutu Barat-nya menuduh Rusia mengirim pasukan dan senjata melintasi perbatasan. Moskow telah membantah klaim tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)