Duh! Sistem Email FBI Dibobol Hacker, Kirim Peringatan Ancaman Dunia Maya

Minggu, 14 November 2021 - 07:53 WIB
loading...
Duh! Sistem Email FBI Dibobol Hacker, Kirim Peringatan Ancaman Dunia Maya
Hacker berhasil membobol sistem email FBI, mengirimkan peringatan ancaman dunia maya ke publik. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Hacker berhasil membobol sistem email eksternal Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (AS), FBI , pada hari Sabtu. Mereka pun mengirimkan ribuan email berisi peringatan ke publik.

FBI mengatakan, bersama dengan Cybersecurity and Infrastructure Security Agency, telah mengetahui insiden pagi ini yang melibatkan email palsu dari akun email @ic.fbi.gov.

"Ini adalah situasi yang sedang berlangsung dan kami tidak dapat memberikan informasi tambahan saat ini," kata FBI dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (14/11/2021).

Menurut Austin Berglas, kepala layanan profesional di perusahaan keamanan siber BlueVoyant, FBI memiliki beberapa sistem email, dan salah satu yang tampaknya telah diretas pada hari Sabtu adalah sistem email publik yang dapat digunakan agen dan karyawan untuk mengirim email kepada publik.



"Ada sistem email terpisah yang harus digunakan agen saat mengirimkan informasi rahasia," ujarnya.

“Ini bukan sistem rahasia yang di-compromise-kan," sambung Berglas, yang juga mantan asisten agen khusus yang bertanggung jawab atas cabang siber kantor FBI di New York.

“Ini adalah akun eksternal yang digunakan untuk berbagi dan mengomunikasikan informasi yang tidak rahasia," terangnya.

Email yang dikirim memiliki subjek: “Mendesak: aktor ancaman dalam sistem."

Menurut Proyek Spamhaus, yang melacak spam dan ancaman siber, para peretas mengirimkan puluhan ribu email dari akun email FBI yang memperingatkan tentang kemungkinan serangan siber.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)