Australia Sebut Mustahil Tak Gabung AS Bela Taiwan dari Serangan China

Sabtu, 13 November 2021 - 10:58 WIB
loading...
Australia Sebut Mustahil Tak Gabung AS Bela Taiwan dari Serangan China
Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton memastikan negaranya akan gabung dengan AS untuk bela Taiwan jika diserang China. Foto/Andrew Harnik/Pool via REUTERS
A A A
MELBOURNE - Australia menegaskan bahwa mustahil untuk tidak bergabung dengan Amerika Serikat (AS) jika Washington mengambil tindakan untuk membela Taiwan dari serangan China . Penegasan Canberra ini disampaikan Menteri Pertahanan Peter Dutton, Sabtu (13/11/2021).

Pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan Amerika dan sekutunya akan mengambil tindakan yang tidak ditentukan jika China menggunakan kekuatan untuk mengubah status quo atas Taiwan.



"Tidak terbayangkan bahwa kami tidak akan mendukung AS dalam suatu tindakan jika AS memilih untuk mengambil tindakan itu," kata Dutton kepada surat kabar The Australian dalam sebuah wawancara yang dilansir Reuters.

“Dan, sekali lagi, saya pikir kita harus sangat jujur dan jujur tentang itu, melihat semua fakta dan keadaan tanpa melakukan pra-komitmen, dan mungkin ada keadaan di mana kita tidak akan mengambil opsi itu, (tetapi) saya tidak bisa membayangkan keadaan itu," lanjut Dutton.

Militer China mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka melakukan patroli kesiapan tempur ke arah Selat Taiwan, setelah Kementerian Pertahanannya mengutuk kunjungan delegasi Kongres AS ke Taiwan, pulau yang memerintah sendiri secara demokratis tapi diklaim oleh Beijing.

“(China) sudah sangat jelas tentang niat mereka untuk pergi ke Taiwan dan kami perlu memastikan bahwa ada tingkat kesiapsiagaan yang tinggi, rasa pencegahan yang lebih besar dengan kemampuan kami, dan itulah cara saya pikir kami menempatkan negara kami pada posisi yang kuat,” kata Dutton kepada surat kabar itu.

China tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya, tetapi telah mengecilkan gagasan bahwa perang sudah dekat.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)