Dikawal Jet-jet Tempur Arab Saudi, 2 Bomber B-1 AS Berkeliaran di Atas Laut Merah

Jum'at, 12 November 2021 - 14:05 WIB
loading...
Dikawal Jet-jet Tempur Arab Saudi, 2 Bomber B-1 AS Berkeliaran di Atas Laut Merah
Pesawat pengebom B-1B AS saat dikawal jet-jet tempur F-15 Zionis di atas wilayah Israel, Kamis (11/11/2021). Pada hari yang sama, jet-jet tempur Arab Saudi mengawal bomber B-1 AS di atas Laut Merah. Foto/IDF
A A A
RIYADH - Beberapa jet tempur F-15 Angkatan Udara Kerajaan (RSAF) Arab Saudi mengawal dua pesawat pengebom (bomber) B-1B Amerika Serikat (AS) berkeliaran di atas Laut Merah pada hari Kamis.

Pada hari yang sama, jet-jet tempur F-15 Israel juga mengawal sepasang bomber B-1 Amerika saat terbang di wilayah udara negara Yahudi tersebut.



Manuver jet-jet tempur Arab Saudi dan sepasang bomber B-1B AS di atas Laut Merah merupakan bagian dari latihan latihan tempur dan tindak lanjut dari kerjasama antara Angkatan Udara kedua negara untuk menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Timur Tengah.

Hingga 18 November 2021, latihan tempur “Gulf Shooting 2021" juga berlangsung di Kuwait, dengan partisipasi Angkatan Darat Kerajaan Arab Saudi, Angkatan Darat Kuwait, dan Pasukan Spartan Angkatan Darat AS.

Komandan latihan tempur, Kolonel Nayef bin al-Humaidi, mengatakan bahwa manuver gabungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan militer dan kerjasama pertahanan bersama dengan negara-negara sahabat, serta bertukar pengalaman dan pengetahuan militer. "Untuk menyoroti dan menyatukan kemampuan tempur ketiga negara," katanya seperti dilansir dari Saudi Press Agency (SPA), Jumat (12/11/2021).

"Dalam latihan ini, pelatihan dilakukan di bidang perencanaan dan pelaksanaan prosedur komando dan kontrol," kata al-Humaidi.



Latihan tempur tersebut juga mencakup prosedur untuk memimpin pasukan dan mencapai respons cepat terhadap situasi darurat untuk operasi darat gabungan, di samping mengembangkan keterampilan untuk menerapkan penembakan taktis untuk unit infanteri dan lapis baja dalam hubungannya dengan dukungan udara dekat dan operasi dukungan administratif.

Pekan lalu, Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi dan Angkatan Udara AS menyelesaikan latihan bersama pada hari Minggu dengan partisipasi pesawat tempur F-15C Arab Saudi dan bomber strategis B-1 AS.

Sebelumnya pada bulan Oktober, latihan gabungan Angkatan Laut "Indigo Defender-21" antara Arab Saudi dan AS dimulai.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)